Pembiayaan OK OCE Diharapkan Berkolaborasi dengan Perbankan

Eko Nordiansyah    •    Rabu, 10 Jan 2018 19:57 WIB
ok oce
Pembiayaan OK OCE Diharapkan Berkolaborasi dengan Perbankan
BRI. ANT/Rani.

Jakarta: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI mengaku siap berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk memberikan akses pembiayaan dalam program One Kecamatan One Center Enterpreneurship (OK OCE).

"Kalau bisa kolaborasi atau sinergi tentu lebih bagus," kata Direktur Utama BRI Suprajarto kepada Medcom.id di Jakarta, Rabu, 10 Januari 2018.

Dirinya menambahkan, saat ini masih tahap penjajakan untuk BRI ikut terlibat dalam program tersebut. Dengan demikian, kerja sama perbankan dan Pemprov DKI dalam program ini diharapkan bisa memiliki dampak signifikan.

Salah satu dampak positif sinergi dengan bank adalah tersedianya bunga yang lebih murah bagi peserta OK OCE. Apalagi sejumlah bank besar memiliki kemampuan untuk menyalurkan pembiayaan dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Sebelumnya, program OK OCE akan memberikan bantuan modal dengan bunga 13 persen. Padahal program KUR saja memiliki bunga tujuh persen, setelah diturunkan dari tahun lalu yang bunganya mencapai sembilan persen.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno berdalih jika tingginya bunga yang ditawarkan dalam program OK OCE karena merupakan bussiness to bussiness (B2B). Dirinya tak mau mencampuri urusan bunga kredit yang diberikan Bank DKI kepada calon debitur.

"Mengenai tingkat suku bunga itu B2B karena kita hanya memfasilitasi. Ada beberapa institusi perbankan dan pembiayaan yang memberikan lebih rendah dari 13 persen. Jadi, itu nanti siapa yang akan lebih kompetitif," kata dia.

Sementara itu, Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Nur Afni Sajim menilai modal dengan bunga sebesar itu bisa menghambat bisnis peserta. Apalagi lembaga keuangan lain memiliki bunga yang lebih rendah. 

"Masa lebih murah bunga dari bank lain. Artha Graha saja cuma tujuh persen. Masa Pemprov 13 persen," kata Afni di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, kemarin.



(SAW)


Perpres DNI Rampung Pekan Depan

Perpres DNI Rampung Pekan Depan

1 week Ago

Pemerintah mempercepat penyelesaian rancangan per-aturan presiden (Perpres) mengenai Daftar Neg…

BERITA LAINNYA