OJK Cabut Izin Brent Securities

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 15 Feb 2018 11:58 WIB
ojk
OJK Cabut Izin Brent Securities
Ilustrasi. (Foto: Antara/Fanny).

Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencabut izin usaha perusahaan sekuritas, PT Brent Securities karena dianggap melakukan pelanggaran peraturan perundang-undangan di bidang pasar modal. Keputusan ini berdasarkan Keputusan Dewan Komisioner OJK Nomor: KEP-5/D.04/2018 yang keluar pada 13 Februari 2018.

Dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis, 15 Februari 2018, OJK menetapkan sanksi berupa pencabutan izin usaha sebagai Perantara Pedagang Efek dan Penjamin Emisi Efek terhadap Brent Securities. Pasalnya perusahaan tersebut terbukti melakukan pelanggaran lantaran selaku Kustodian telah memindahkan saham PT Kawasan Industri Jababeka Tbk (KIJA).

Perusahaan memindahkan rekening efek nasabah atas nama Sophie Soelaiman tanpa sepengetahuan dan perintah tertulis nasabah yang bersangkutan atau pihak yang diberi surat kuasa oleh nasabah sejak Februari 2010 sampai dengan Mei 2014. Bahkan Brent Securities juga tidak menyampaikan laporan rekening efek yang memuat posisi portofolio efek nasabah setiap bulannya.

Perusahaan sekuritas ini juga tidak menyajikan informasi pencatatan pendapatan komisi atas aktivitas penjualan MTN PT Trinisyah Ersa Pratama pada laporan keuangan per 31 Desember 2013. Pada laporan modal kerja bersih disesuaikan (MKBD) periode dilakukannya transfer dana tidak tercatat pendapatan komisi atas penjualan MTN PT Trinisyah Ersa Pratama.

Brent Securities tercatat gagal memenuhi ketentuan batas bawah nilai MKBD minimum Rp 25 miliar. MKBD Brent telah negatif selama 392 hari sejak 7 November 2013 sampai dengan 17 Juni 2015. Dengan begitu mereka dianggap telah gagal memenuhi ketentuan nilai minimum MKBD selama 30 hari kerja selama berturut-turut dan atau lebih dari 60 hari kerja dalam periode 12 bulan terakhir.

Brent Securities telah mengalihkan administrasi atas kepemilikan Efek atas nama nasabah kepada PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) melalui Perjanjian Pengalihan Administrasi Rekening Efek No. SP-0217/DIR/KSEl/2017 tanggal 29 Desember 2017. Brent Securities juga mengalihkan rekening dana dalam Sub Rekening Efek atas nama nasabah kepada PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank CIMB Niaga Tbk, dan PT Bank Central Asia Tbk.

Maka dari itu, bagi nasabah Brent Securities yang masih memiliki efek atau dana dapat melakukan pemindahan buku efek atau dana dengan mengajukan klaim kepada KSEI atau PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank CIMB Niaga Tbk, dan PT Bank Central Asia Tbk.


(AHL)