20 Juta Rumah Tangga Belum Punya Fasilitas WC

Dian Ihsan Siregar    •    Rabu, 19 Jul 2017 12:48 WIB
kesenjangan sosialfasilitas umum
20 Juta Rumah Tangga Belum Punya Fasilitas WC
Suasana diskusi bertema ketimpangan yang diadakan Indef. (FOTO: MTVN/Dian Ihsan Siregar)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tingkat kesenjangan sosial antara kota dengan desa masih tinggi, salah satunya masih minim fasilitas sanitasi di desa bila dibanding yang ada di perkotaan. Tercatat, ada 20 juta rumah tangga di desa yang belum punya WC.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Pembangunan Kawasan Pedesaan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Ahmad Erani Yustika di bilangan Duren Kalibata, Jakarta Selatan‎, Rabu 19 Juli 2017.

"Saat ini ada 20 juta rumah tangga di desa tidak punya WC. Ini kalau dikalikan 4 anggota keluarga, maka ada 80 juta orang tidak mendapatkan ini (fasilitas sanitasi yang baik)," terang Erani.

Menurut Erani, rumah tangga yang masih belum memiliki sanitasi berada di daerah pedalaman desa. Meski begitu, kasus ini juga bisa ditemui di pinggiran ibu kota.

Baca: Baru 12 Desa di Jepara Bebas Buang Hajat Sembarangan

"Itu bukan isu di Papua NTT, Maluku, NTB, tapi di belakang (Bandara) Soekarno-Hatta kenyataan itu bisa kita temui," jelasnya.

Salah satu penyebab kurangnya fasilitas sanitasi di pedesaan, bilang Erani, karena tingkat kemiskinan yang masih tinggi. ‎Sebab, masyarakat desa tidak memiliki kewenangan dan akses dalam mengelola sumber daya alam (SDA) yang ada di desa.

"Memang di desa surplus SDA tapi defisit penguasaan. Jadi desa itu lumbung SDA, tapi warga desa tidak memegang itu," kata Erani.

Dia menambahkan, dorongan pembatasan lahan agar fasilitas sanitasi terus meningkat, tapi kenyataannya selalu terpental di tingkat DPR.

 


(AHL)


Perang Dagang AS-Tiongkok Tidak Pengaruhi Ekspor Indonesia

Perang Dagang AS-Tiongkok Tidak Pengaruhi Ekspor Indonesia

6 hours Ago

Perang dagang yang kini tengah berkecamuk antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok secara langs…

BERITA LAINNYA