Peningkatan Impor Bahan Baku Diprediksi Dorong Industri Manufaktur

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 15 Sep 2017 14:51 WIB
industri manufaktur
Peningkatan Impor Bahan Baku Diprediksi Dorong Industri Manufaktur
Ilustrasi. (FOTO: MI/MOHAMAD IRFAN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat impor bahan baku pada Agustus 2017 sebesar USD10,06 miliar atau sekira 74,65 persen dari total impor. Sementara impor barang modal sebesar USD2,22 miliar atau 16,48 persen, serta impor barang konsumsi yang tercatat sebesar USD1,19 miliar atau 8,87 persen.

Pada Januari hingga Agustus 2017, impor barang bahan baku, barang modal, serta barang konsumsi mengalami peningkatan masing-masing sebesar USD10,04 miliar atau 15,43 persen, USD1,29 miliar atau 9,09 persen, dan USD954,6 juta atau 11,76 persen.

"Ketika impor bahan baku besar, itu akan digunakan dalam proses pengolahan untuk produk dalam negerinya. Kita harapkan begitu," kata Kepala BPS, Suhariyanto usai konferensi pers di Kantor Pusat BPS, Jakarta Pusat, Jumat 15 September 2017.

Meski begitu, Suhariyanto menyebutkan jika ke depannya impor untuk bahan baku harus dibarengi dengan produksi bahan baku dari dalam negeri. Hal ini dilakukan demi mengurangi ketergantungan impor bahan baku terhadap negara lain.

"Tapi ya kita harapkan kalau (impor) bahan baku naik akan menggerakkan (industri) di dalam. Cuma kalau ketergantungan terhadap (impor) bahan baku terus menerus juga enggak bagus ya," jelas dia.

Dirinya menambahkan, dalam jangka panjang Indonesia perlu membangun industri yang menyediakan bahan baku bagi industri di dalam negeri. Apalagi Indonesia yang kaya dengan bahan baku khususnya sumber daya alam masih banyak tersedia.

"Jadi pada titik tertentu kita perlu bangun industri-industri supaya (impor) bahan baku tidak semakin tinggi, karena kan bahan baku di tempat kita banyak sekali," pungkas dia.

 


(AHL)

<i>Tender Offer</i> Persero dan <i>Holding</i> BUMN

Tender Offer Persero dan Holding BUMN

22 hours Ago

PRESIDEN Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2017 tentang Pena…

BERITA LAINNYA