Sri Mulyani Prediksi Inflasi Juni Terkendali

Desi Angriani    •    Selasa, 13 Jun 2017 20:12 WIB
inflasi
Sri Mulyani Prediksi Inflasi Juni Terkendali
Menteri Keuangan Sri Mulyani. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay.

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani memperkirakan inflasi pada Juni 2017 lebih terkendali meski terdapat momen Ramadan dan Lebaran Idul Fitri. Pasalnya, Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian terus menjaga stok pangan dan mengendalikan harga bahan pokok.

"Bulan ini (Juni) inflasi terjaga," kata Sri dalam paparannya di Komisi XI DPR RI, Kompleks Senayan Jakarta, Selasa 13 Juni 2017.

Menurut Sri, kestabilan harga bahan pokok tak melulu dipengaruhi oleh pasokan dan permintaan tetapi juga dipengaruhi oleh aksi spekulan yang kerap menimbun bahan pangan mejelang hari besar. Hal ini mengakibatkan kenaikan harga dan persaingan menjadi tidak sehat.

"Di Indonesia ada rezim perdagangan atau kartel atau oligopoli yang menyebabkan supplier mendikte harga. Ini bentuk persaingan tidak sehat," tuturnya.

Selain itu, Bank Indonesia (BI) sudah memperingatkan pemerintah untuk menjaga faktor volatile food sebagai ancaman signifikan dalam kenaikan inflasi. Sebab itu, sejak awal 2017 pemerintah terus berupaya menjaga stok bahan pokok dan menjaga daya beli petani.

"Presiden meminta menjaga daya beli petani. Keseimbangan antara konsumen butuh barang murah dan menjaga kemampuan nilai tukar petani," pungkas dia.


(SAW)