Emas Perhiasan Dominasi Gadai di Manado

   •    Selasa, 08 Aug 2017 11:00 WIB
harga emas
Emas Perhiasan Dominasi Gadai di Manado
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Metrotvnews.com, Manado: Emas perhiasan masih mendominasi gadai di Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) hingga semester I-2017. Kondisi itu terjadi lantaran emas perhiasan dianggap lebih mudah dicairkan menjadi sebuah pendanaan.

"Sampai pertengahan 2017, barang yang paling banyak digadaikan di Pegadaian Manado yakni emas perhiasan," kata Kepala Cabang Pegadaian Karombasan Manado Rusli Basri, seperti dikutip dari Antara, di Manado, Selasa 8 Agustus 2017.

Rusli mengatakan karena emas perhiasan dengan cepat mendapatkan dana sehingga paling banyak ibu rumah tangga menggadaikannya. "Sekitar 80 persen gadai yakni emas perhiasan dan sisanya BPKB kendaraan," tuturnya.

Dia menjelaskan masyarakat saat ini lebih banyak yang menggadaikan perhiasan emas dan juga berlian di Pegadaian karena nilai taksiran lebih tinggi. Adapun tingkat kemurnian emas yang terkandung di dalam satu unit perhiasan ditentukan oleh persentasenya. Dan yang lazim di masyarakat dengan berat di antaranya 22 karat dan 24 karat.

Sedangkan berlian lebih banyak komponen untuk menentukan harganya. Mulai dari besarnya, gosokannya, tingkat kejernihan, dan warna. Selain itu, Pegadaian juga menerima BPKB kendaraan dan juga beberapa barang elektronik mengacu dari harga barang bekas sebagai taksirannya.

Di antara barang-barang elektronik itu adalah handphone, tab, laptop, dan lain-lain. Barang jaminan di Pegadaian adalah barang jaminan yang dibutuhkan oleh banyak orang, sehingga nasabah bisa melunasi kembali barang yang digadaikan.

"Jadi itu sebagai antisipasi agar barang jaminan tersebut bisa dilunasi kembali oleh nasabah. Kalaupun tidak dilunasi, Pegadaian akan melelangnya," pungkasnya.


(ABD)