Bank Muamalat Siapkan Pembiayaan bagi Proyek BUMN

Eko Nordiansyah    •    Senin, 10 Apr 2017 16:54 WIB
bank muamalat
Bank Muamalat Siapkan Pembiayaan bagi Proyek BUMN
Bank Muamalat. ANTARA/Rosa Panggabean.

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bank Muamalat Indonesia Tbk menargetkan pembiayaan kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) setidaknya mencapai lima persen dari total outstanding pembiayaan korporasi. Selama ini pembiayaan perusahaan kepada BUMN kurang dari lima persen dari keseluruhan pembiayaan segmen korporasi.

"Karena risikonya aman. Kita juga ingin mendukung program-program pemerintah. Saat ini pembiayaan ke BUMN belum banyak, portofolionya kita harapkan lima persen," kata Direktur Bisnis Korporasi Bank Muamalat, Indra Y. Sugiarto di Hotel JW Marriott, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin 10 April 2017.

Dirinya menambahkan, pembiayaan kepada sektor BUMN membutuhkan banyak biaya. Oleh karena itu Bank Muamalat optimistis jika pembiayaan kepada sektor ini bisa meningkatkan pertumbuhan pembiayaan perseroan untuk tahun ini.

"BUMN yang berkaitan dengan infrastruktur, power plant, dan konstruksi. Walaupun jangka waktu agak panjang, prioritas kita membangun negara makanya masuk ke proyek yang banyak gunanya," jelas dia.

Selain BUMN, Bank Mumalat juga menargetkan pembiayaan bagi perusahaan blue chip. Sektor ini, kata Indra, dinilai memiliki return on asset (ROA) yang bagus serta akan menambah kecukupan modal perbankan atau Capital Adequacy Ratio (CAR).

"Selain untuk penambahan dan existing. Tahun lalu (pembiayaan perusahaan blue chip) tidak begitu besar, di bawah lima persen. Kita replacement exisiting porfolio, apalagi sektor ini pelunasanannya bagus," lanjut dia.

Sementara itu, untuk meningkatkan pendanaan Bank Muamalat akan mendekatkan diri dengan organisasi islam yang ada di Indonesia. Bank syariah ini juga akan kerja sama pembiayaan dengan universitas dan rumah sakit islam guna meningkatkan fee based income-nya.


(SAW)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

2 days Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA