Pemerintah Bentuk Pokja Penguatan Roadmap e-Commerce

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 07 Dec 2017 20:39 WIB
e-commerce
Pemerintah Bentuk Pokja Penguatan Roadmap e-Commerce
E-Commerce. (Dok/AFP).

Jakarta: Pemerintah membentuk kelompok kerja (pokja) yang diketuai oleh Menko Perekonomian untuk mengawal roadmap atau peta jalan kegiatan e-commerce.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara usai rapat koordinasi roadmap e-commerce  di kantor Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Adapun roadmap e-commerce telah diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 74 tahun 2017.

"Pokja dibuat untuk memperkuat implementasi dari peta jalan ecommerce, dibuat tiga pokja agar fokus," kata Rudiantara, Kamis, 7 Desember 2017.

Tiga fokus yang dimaksud yakni pertama menyangkut perdagangan digital di dalam negeri maupun dari luar negeri. Kedua, menyangkut infrastruktur termasuk platform teknologi informasi komunikasi (TIK) yang berada di bawah kewenangannya. Ketiga yakni menyangkut sistem pembayaran dan juga perpajakan.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengatakan pihaknya telah memiliki gerbang pembayaran nasional (GPN) sebagai back office dari kegiatan e-commerce.

"Sistem pembayaran Indonesia sudah punya GPN, dalam bentuk payment ritel melalui kartu kredit, debit atau ATM, electronic data capture atau e-wallet semua akan lewat GPN," tambah Agus.


(SAW)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA