Kesalahan Pengelolaan Keuangan Kaum Jetset

   •    Minggu, 11 Feb 2018 08:23 WIB
tips keuangan
Kesalahan Pengelolaan Keuangan Kaum Jetset
Ilustrasi. (FOTO: medcom.id/Rakhmat Riyandi))

PARA orang kaya selalu bertindak waspada dengan uang mereka. Di antara berbagai kesalahan yang bisa mereka lakukan, mereka akan memberi perhatian ekstra agar tidak melakukan kesalahan keuangan yang dapat membuat mereka bangkrut.

Apa saja kesalahan-kesalahan finansial tersebut? Berikut ulasannya:

Menghambur-hamburkan uang untuk hal yang tidak perlu
Saat Anda membayangkan gaya hidup kaum jetset, mungkin yang terbayang di kepala Anda adalah Jordan Belfort dari film Wolf of Wall Street. Foya-foya, beli ini itu, dan selalu mengadakan pesta mahal. Coba lihat sendiri di akhir film bagaimana nasib Jordan. Walaupun mereka tajir, orang kaya justru tidak akan membuang-buang uangnya. Orang kaya zaman sekarang tidak hidup semewah yang Anda bayangkan. Justru sebaliknya, mereka hidup dengan gaya yang sederhana.

Tak segera mengatur keuangan
Apabila Anda tak segera memeriksa, mengatur dan menyesuaikan kembali kondisi keuangan, seperti memasukkan nama istri sebagai ahli waris atau mencairkan rekening bersama setelah bercerai, Anda sendiri yang akan menyesal nantinya. Tiap kali Anda melewati sebuah peristiwa besar dalam hidup, luangkan waktu untuk duduk dan berpikir sejenak. Pelajari kondisi keuangan, lalu buatlah penyesuaian. Jangan ditunda-tunda.

Tidak memeriksa kondisi keuangan
Orang kaya tidak pernah ketinggalan dalam memeriksa situasi keuangan saat ini serta di masa depan. Sebagai pemula, langkah pertama untuk mengetahui keadaan kantong adalah mencari informasi soal rekening bank. Dari sana, Anda akan melihat berapa banyak yang Anda keluarkan dalam sebulan. Apakah pengeluaran Anda justru lebih besar dari pemasukan? Setelah memeriksa rekening sendiri, Anda akan bisa mengetahui keadaan finansial secara rinci.

Terlalu fokus berhemat dan lupa mencari pemasukan tambahan
Anda tidak akan bisa bertambah kaya hanya dengan berhemat saja. Jika ingin strategis, jangan pernah lupakan bagaimana caranya menambah penghasilan Anda setiap bulannya. Berhasil menghemat pengeluaran sebesar Rp200 ribu hingga Rp300 ribu per bulan itu luar biasa, tapi bukankah akan lebih baik lagi kalau Anda memperoleh Rp1 juta dari pemasukan ekstra?

Tidak berinvestasi
Investasi merupakan hal yang diperlukan jika Anda ingin menjadi kaya. Investasi membuat uang yang bekerja untuk Anda. Ada berbagai macam produk investasi yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Ada reksa dana, emas, saham, dan masih banyak lagi.

Nah itulah kesalahan-kesalahan yang seringkali mengganggu keuangan yang tidak dilakukan oleh orang kaya. Semoga bermanfaat.

Download e-book terbaru dari Tung Desem Waringin "61 Rahasia Menjadi Kaya". Download sekarang Klik di Sini.


(AHL)


Delegasi IMF Kembali Kunjungi Ikon Kota Denpasar

Delegasi IMF Kembali Kunjungi Ikon Kota Denpasar

16 hours Ago

Mereka mengapresiasi inovasi dan community based¬†yang sukses terbentuk di Tukad Bindu, ya…

BERITA LAINNYA