Industri Mamin Diharapkan Tumbuh 10% Tahun Ini

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 08 Feb 2018 20:58 WIB
industri rokok
Industri Mamin Diharapkan Tumbuh 10% Tahun Ini
Mamin (ANT/Rivan Awal Lingga)

Jakarta: Gabungan Pengusaha Makanan & Minuman Indonesia (Gapmmi) mengharapkan industri makanan dan minuman (mamin) dapat tumbuh 10 persen tahun ini. Optimisme ini didukung oleh kondisi perekonomian yang akan lebih baik, serta daya beli yang meningkat.

Ketua Umum Gapmmi Adhi S. Lukman mengatakan, tahun politik tidak akan mengurangi upaya mendorong industri mamin tahun ini. Justru dengan momentum pesta demokrasi tersebut, diharapkan konsumsi masyarakat bisa kembali tumbuh demi menopang pertumbuhan industri.

"Tahun politik ini kan diharapkan uang beredar lebih banyak kita harapkan bisa lebih bagus. Kalau semua bisa aman, peredaran uangnya juga lebih banyak harusnya (target pertumbuhan industri 10 persen) bisa tercapai," kata dia di ICE BSD City, Tangerang Selatan, Kamis, 8 Februari 2018.

Dirinya menambahkan, tahun lalu pertumbuhan industri mamin diperkirakan hanya sebesar delapan persen saja. Untuk itu demi mendukung target pertumbuhan tahun ini, Adhi berharap pemerintah bisa menjamin kebijakan serta pengawasan yang lebih baik.

"Karena industri mamin itu banyak bergantung pada impor. Kalau impor ini beberapa tahun lalu pengaturannya agak tersendat karena ada koordinasi antar kementerian dan sebagainya. Dengan upaya itu kita harapkan tahun ini akan lebih baik," jelas dia.

Sementara untuk ekspor, dirinya belum bisa menjamin dapat meningkatkan ekspor mamin tahun ini. Sebab dengan adanya berbabagai aturan terkait ekspor di negara tujuan, industri mamin sedikit mengalami kesulitan meski diharapkan tetap berkontribusi positif.

"Ekspor agak sulit, karena sarat regulasi di negara tujuan. Misalnya label, label harus berbahasa negara tujuan. Itu saja sudah menghambat industri makanan minuman. Belum lagi aturan untuk tambahan bahan pangan dan sebagainya," pungkasnya.



(SAW)


Bedah Editorial MI: Membendung Efek Turki

Bedah Editorial MI: Membendung Efek Turki

7 hours Ago

Perlambatan ekonomi Turki sebagai akibat terjerembapnya lira, mata uang mereka, hingga lebih da…

BERITA LAINNYA