Peserta IMF-WB Kehabisan Tiket, Pemerintah Kumpulkan Maskapai Penerbangan

Desi Angriani    •    Senin, 12 Mar 2018 20:40 WIB
imf-world bank
Peserta IMF-WB Kehabisan Tiket, Pemerintah Kumpulkan Maskapai Penerbangan
Illustrasi. Dok: Arabianaerospace.

Jakarta: Persiapan Pertemuan Tahunan International Monetary Fund (IMF) dan Word Bank (WB) di Nusa Dua, Bali ditargetkan rampung pada Mei 2018.

Chief of Organisational Transformation Officer Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Adi Budiarso mengatakan pemerintah telah mengumpulkan maskapai penerbangan untuk memastikan para delegasi tak kehabisan tiket pesawat.

"Kita sudah kumpulkan maskapai penerbangan untuk business class. Kita akan monitor terus sejauh mana mendorong Ina sebagai tuan rumah yang baik," katanya saat ditemui di Gedung Metro Tv, Jakarta, Senin, 12 Maret 2018.

Menurutnya para delegasi melakukan pemesanan tiket pada musim panas atau kuartal pertama Januari hingga April 2018. Selama rentang itu, pemerintah memastikan ketersediaan tiket penerbangan menuju Bali.

Di sisi lain, pemerintah juga memastikan kesiapan infrastruktur pendukung lainnya seperti koneksi internet, sambungan WiFi, hingga perencanaan evakuasi jika terjadi erupsi gunung Agung. Termasuk kapasitas bandara yang memang disediakan bagi pesawat yang membawa para delegasi.

"Termasuk otoritas bandara berikut seluruh pendukung untuk traveling dari begitu banyak delegasi ke Bali," imbuh dia.

Adapun 20 ribu delegasi yang bakal hadir terdiri dari Gubernur Bank Sentral dan Menteri Keuangan dari 189 negara, sektor privat, NGOs, akademisi, dan media.

Sementara 189 negara anggota IMF meliputi Indonesia, Amerika Serikat,  Inggris Raya, Uni Eropa,  Mesir, India,  Pakistan Jepang, Korea Selatan, Tiongkok, Australia Lebanon, Turki, Somalia dan lainnya.

 


(SAW)