Dukungan Kadin dalam Pemerataan Ekonomi Pertanian

Kautsar Widya Prabowo    •    Selasa, 06 Mar 2018 18:47 WIB
ekonomi
Dukungan Kadin dalam Pemerataan Ekonomi Pertanian
Illustrasi. ANT/Sigid Kurniawan.

Jakarta: Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Rosan P Roeslani berkomitmen mendorong pemerataan ekonomi dalam sektor pertanian. Hal tersebut karena ketahanan pangan bisa gagal jika tidak ada kesejahteraan petani.

"Pertanian dapat menjadi leading sector untuk memperkecil kesenjangan ekonomi dengan mempertahankan kesejahteraan petani, dunia usaha akan terus mendorong pengembangan inovasi pola kemitraan," ujar Rosan di Gedung Kadin, Jakarta, Selasa, 6 Maret 2018.

Salah satu strategi menjalankan komitmen tersebut dengan menggelar Jakarta Food Security Summit (JFSS) ke-4 bertajuk pemerataan ekonomi sektor pertanian, peternakan, dan perikanan melalui kebijakan dan kemitraan.

"Produktivitas di sektor pangan harus ditingkatkan dari tahun ke tahun dan sektor pertanian yang banyak menyerap tenaga kerja harus selalu diupayakan pengembanganya," ujar Wakil Ketua Umum Kadin bidang Agribisnis, Pangan, dan Kehutanan Franky O Widjaja.

Sementara itu industri makan dan minuman hingga industri peternakan dianggap memiliki peran strategis dalam pengolahan komoditas pangan nasional. 

"Industri memiliki peran dalam perluasan lapangan pekerjaan, kami pun mendukung upaya kesejahteraan petani sebagai pelaku di sektor hulu," tambah Wakil Ketua Umum Kadin bidang Pengolahan Makanan dan Industri Pertenakan Juan P Adoe. 
 
JFSS telah dilaksanakan empat kali pada 2010, 2012, 2015, dan tahun ini akan dilaksanakan pada 8-9 Maret 2018. Acara tersebut akan diikuti 1.000 peserta dari kalangan dunia usaha, pemerintah, pakar, akademisi, hingga petani. 



(SAW)