DPR Restui 6.970 Karyawan Kontrak Danamon Jadi Pegawai Tetap

Dian Ihsan Siregar    •    Senin, 15 May 2017 16:37 WIB
bank danamon
 DPR Restui 6.970 Karyawan Kontrak Danamon Jadi Pegawai Tetap
Aksi Demonstrasi Pekerja Bank Danamon. ANTARA/Didik Suhartono.

Metrotvnews.com, Jakarta: Serikat Pekerja (SP) Bank Danamon lagi-lagi melakukan demonstrasi untuk menuntut 6.970 pegawai yang statusnya masih kontrak bisa dijadikan karyawan tetap‎. 

Rute hari ini melewati tiga titik yaitu Kedutaan Besar Singapura, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans), dan Gedung DPR RI.

"Hasil dari teman-teman yang demo hari ini, pegawai yang statusnya masih kontrak sekitar 6.970 karyawan‎ bisa dijadikan pegawai tetap. Karena ada nota dari Kemenakertras. Sudah tiga titik yang kita lalui hari ini," ungkap Ketua Umum SP Danamon Abdoel Moejib kepada Metrotvnews.com, Senin 15 Mei 2017.

Dorongan untuk menjadi pegawai tetap, kata Moejib, sudah dapat restu dari Komisi IX DPR RI. Tapi, lanjut dia, sebelum diputuskan untuk menjadi pegawai tetap, sebanyak 50 persen dari total 6.970 pegawai, sudah dirumahkan oleh manajemen Bank Danamon. Sedangkan 10-30 persen diproyeksikan bisa diangkat menjadi karyawan tetap perusahaan.

"Itu yang di PHK jabatan yang udah tinggi. Kalau yang diangkat 1.000-1.500 karyawan yang levelnya masih di bawah. Itu posisi rendah lagi, bagian pemasaran dan lainnya," terang Moejib.

Jika dorongan DPR juga belum direstui oleh perusahaan, maka Serikat Pekerja Bank Danamon akan menyelesaikannya di pengadilan. Intinya untuk mengesahkan nota penetapan sebagai karyawan tetap.

‎"Sekitar 300 an orang hari ini yang demo untuk menyuarakan. Memang banyak laki-laki dari 6.970 karyawan yang belum diangkat menjadi tetap. Kita difasilitasi pemerintah, kita akan berusaha terus," pungkas Moejib.


(SAW)