Google Akhirnya Melunasi Tunggakan Pajak

Desi Angriani    •    Selasa, 13 Jun 2017 19:46 WIB
sengketa pajak google
Google Akhirnya Melunasi Tunggakan Pajak
Google. (Dok: AFP).

Metrotvnews.com, Jakarta: Google Asia Pasific Pte Ltd akhirnya tunduk pada aturan perpajakan di Indonesia. Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiasteadi mengatakan, perusahaan teknologi yang berbasis di Amerika Serikat (AS) ini telah menyepakati angka tunggakan pajak yang harus dibayarkan Google sejak 2009.

"Iya dibayar pasti dihitung lima tahun ke belakang. Pasti dihitung. Daluwarsa lima tahun ke belakang. Iya dong (2009). Jangan takut, kita masih melakukan sesuatu hal yang profesional," ujar Ken di Komisi XI DPR RI, Kompleks Senayan Jakarta, Selasa 13 Juni 2017.

Ken menuturkan, perhitungan pajak yang harus dibayarkan Google menggunakan catatan Surat Pemberitahuan (SPT) 2016 lalu. Namun dia enggan, menyebutkan berapa besaran hutang pajak yang harus dibayarkan Google.

"Tapi saya engak bisa kasih tahu," tegas dia.

Permasalahan pajak Google ini mencuat saat Direktorat Jenderal Pajak (DJP)Kementerian Keuangan menelusuri empat perusahaan digital raksasa yang beroperasi di Indonesia, yaitu Twitter, Asia Pacific PTE LTD, Google Indonesia, Facebook Singapore, dan Yahoo Indonesia. Namun Google membantah pemberitaan yang menyebutnya tidak membayar pajak selama beroperasi di Indonesia.


(SAW)