Izin Impor 3 Tersangka Penimbun Bahan Pokok Dicabut

Desi Angriani    •    Kamis, 18 May 2017 12:41 WIB
bahan pokok
Izin Impor 3 Tersangka Penimbun Bahan Pokok Dicabut
Mentan Amran Sulaiman. (FOTO: MTVN/Desi Angriani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman menyebut, tiga orang sudah ditetapkan sebagai tersangka penimbun bahan pokok. Pelaku ditangkap setelah polisi dan pihak Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan tindakan penggerebekan gudang  di Jakarta Utara beberapa waktu lalu.

"Pak Mendag Subuh-Subuh hubungi saya, Pak Mentan tolong ada penimbunan tuh. Oke, kami bergerak dengan kepolisian. Sekarang tiga tersangka ditetapkan," ujar Amran seusai rapat koordinasi terbatas di Kantor Kementerian bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis 18 Mei 2017.

Mentan menuturkan, pencabutan izin impor bagi tiga orang tersebut telah dilakukan. Namun Amran belum tahu pasti perusahaan atau importir yang terlibat dalam kasus penimbunan bahan pokok. Katanya, kepolisian masih melakukan penyidikan lebih lanjut.

Baca: Izin Importir Penimbun Bawang Putih Dicabut

"Izinnya kita cabut dan kalau ada yang coba main-main lagi, Pak Mendag sudah perintahkan kita cabut lagi izinnya. Belum tahu. Ukurannya jelas tiga tersangka," tutur dia.

Sementara itu, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengaku tiga tersangka merupakan importir salah satu jenis bahan pokok. Dia memastikan izin impor perusahaan tersebut sudah dicabut.

"Begitu direbek, langsung dikasih tahu lagi dan PT itu saya cabut izinnya," ucap Enggar.

Sebelumnya, Polri dan Kementerian Pertanian menggerebek sebuah gudang di Merunda, Cilincing,  JakartaUtara. Di gudang itu ditimbun 182 ton bawang yang terdiri dari 128 ton bawang bombay impor, 54 ton bawang putih impor dan 193 palet cabai kering impor.


(AHL)