Oktober, Tenggat Waktu Financial Closing Pelabuhan Patimban

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 15 Sep 2017 08:40 WIB
pelabuhan
Oktober, Tenggat Waktu <i>Financial Closing</i> Pelabuhan Patimban
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah menargetkan penyelesaian kewajiban pembiayaan (financial close) pembangunan pelabuhan Patimban selesai pada Oktober 2017. Setelah itu pada akhir tahun pembangunan pelabuhan akan segera dimulai.

Hal tersebut dikatakan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi setelah rapat koordinasi dengan Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, di mana pemerintah memutuskan pembangunan pelabuhan yang termasuk proyek strategis nasional ini bisa dipercepat.

"Targetnya akhir tahun kita mulai bangun. Harapkan Maret 2019 sudah beroperasi untuk car terminal," kata Budi di Kantor Kemenko Kemaritiman, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis malam 14 September 2017.

Budi menjelaskan, secara prinsip, financial closing sudah ditentukan dan tidak ada masalah. Tenggat waktu untuk juga sudah diputuskan yakni sekitar Oktober 2017.

"Financial close sebenarnya secara prinsip sudah, kita tinggal final last saja dan secara prinsip juga sudah untuk pembebasan tanah kita tinggal finalisasi. (Tenggat waktu) Oktober," jelas dia.

Senada dengan Budi, Luhut juga mengatakan pengoperasian pelabuhan Patimban ditargetkan pada Maret 2019. Pada saat itu, terminal mobil sudah dapat digunakan. "Patimban itu kita mau Maret 2019 harus sudah jalan untuk terminal mobil," ungkap Luhut.

Sementara untuk operator, tambah Luhut, pemerintah bekerja sama dengan investor Jepang dengan porsi 51 persen dan 49 persen. Porsi 51 persen tersebut terdiri dari perusahaan BUMN dan swasta. Saat ini pemerintah sedang mengkaji aspek hukum untuk porsi BUMN dan swasta tersebut.

"Operator tadi kita lagi bicara tadi, dari Pemerintah Jepang dan dari swasta dan Pelindo II. Iya 51 (persen) itu Pelindo dengan swasta. Iya tadi formatnya lagi dilihat aspek hukumnya," jelas Luhut.

 


(AHL)