Pengembangan KEK di Sulut Capai Rp1,3 Triliun

Mulyadi Pontororing    •    Jumat, 08 Sep 2017 19:37 WIB
kawasan ekonomi khusus
Pengembangan KEK di Sulut Capai Rp1,3 Triliun
Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw. (FOTO: MTVN/Mulyadi Pontororing)

Metrotvnews.com, Manado: Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw mengatakan saat ini pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata pembangunan Pall Beach nilai proyeknya mencapai Rp1,3 triliun.

"Dengan proyek swasta di antaranya pembangunan infrastuktur, resort, villa, dan hotel. Juga beberapa proyek yang ditawarkan seperti Manado Tourism Area, Bitung Eco Industrial Estate, Industrial Park, Manado Power Plant dan Mdo Water Treatment dan Supply, pembangunan Lembeh Internasional Airport, pengembangan wisata di kawasan Bolaang Mongondouw Raya, termasuk wisata bahari di kabupaten kepulauan," kata Kandouw di Kantor Gubernur Sulut, Jumat 8 September 2017.

Menurut Kandouw, hal itu juga disampaikan pada acara di Singapura yang bertajuk Indonesia-Singapore Business Council (ISBC) Meeting dan Indonesia-Singapore Investment, belum lama ini. Kandouw menjelaskan, dalam acara tersebut dirinya mewakili Gubernur Sulut Olly Dondokambey menyampaikan keunggulan wilayah Sulut secara geografis dan geopolitik.

"Sulut mempunyai sumber daya alam dengan keanekaragaman hayati yang tinggi, multikultur dan kuliner menarik. Ini diharapkan akan menarik perhatian masyarakat Singapura," jelas Kandouw.

Di hadapan para undangan, kata Kandouw, dirinya juga menyampaikan bagaimana pesatnya kunjungan wisatawan asing terutama dari Tiongkok yang melonjak signifikan.

"Hal ini tentu membawa multiplier efek dalam pertumbuhan ekonomi di Sulut," kata dia.

Dirinya pun berharap dengan adanya kesempatan promosi-promosi seperti ini kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara di Sulut terus meningkat.


(AHL)