Apa Beda KEIN dengan KEN?

Desi Angriani    •    Rabu, 20 Jan 2016 13:53 WIB
komite ekonomi nasional
Apa Beda KEIN dengan KEN?
Kepala Badan Restorasi Gambut (BRG) Nazir Foead (kiri) bersama Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Soetrisno Bachir (kanan) dan Wakil Ketua Arif Budimanta seusai pelantikan di Istana Negara. (FOTO: MI/RAMDANI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Soetrisno Bachir memberi penjelasan mengenai perbedaan KEIN dengan Komite Ekonomi Nasional era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Kalau dulu KEN mungkin makro tapi ini industri jadi memang ada pesan penting, kita ini untuk menjadi negara-negara industri, mungkin ada Jepang, Korea, Taiwan, dan Tiongkok. Itu kita akan menuju ke sana," ujar dia usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (20/1/2016).

Dia mengungkapkan, untuk pembagian tugas di dalam tubuh KEIN, akan ditentukan melalui program kerja (pokja). Nama-nama besar yang menjadi anggota pun, lanjut dia, merupakan tokoh-tokoh yang berkomitmen untuk menyumbangkan sesuatu untuk bangsa Indonesia.

"Mumpung pemerintahan ini legitimasinya kuat dipilih oleh rakyat langsung, ini waktunya. Istilahnya Indonesia in corporate itu harus terjadi sekarang ini. Bukan berarti politik sudah tidak ada gaduh lagi kan sekarang," jelas dia.

Oleh karena itu, tambahnya, kajian jangka pendek akan dibuat roadmap ekonomi industri Indonesia. "Satu bulan ini (roadmap) selesai sehingga kita bisa arah rekomendasinya sesuai dengan roadmap itu," pungkasnya.


(AHL)