Bagian 2

Dalam 24 Jam, Aplikasi Pembayaran Inovatif Tercipta di Finhacks 2016

M Studio    •    Rabu, 04 May 2016 00:00 WIB
berita bca
Dalam 24 Jam, Aplikasi Pembayaran Inovatif Tercipta di Finhacks 2016
dok. BCA

Metrotvnews.com, Jakarta: Salah satu inovasi unik yang lahir dari peserta ajang Financial Hackathon (Finhacks) 2016 yaitu aplikasi yang terhubung dengan galon air minum di rumah. Mereka membuat aplikasi yang otomatis mengirim permintaan isi ulang galon ke minimarket tertentu, saat air minum di rumah habis.

Setelah melalui tahap seleksi, terpilih delapan tim terbaik dari total 59 tim. Tim terpilih mendapat kesempatan mempresentasikan aplikasi ciptaan mereka di hadapan dewan juri, peserta lain, dan undangan.

Tiap tim diberi waktu lima menit untuk menjelaskan serta memperagakan aplikasi buatan mereka. Usai proses penjurian tahapakhir, terpilih tiga tim terbaik.

Kelompok Atom yang menciptakan aplikasi Insta Pay meraih juara III dan berhak atas uang tunai senilai Rp15,9 juta serta GoPro Hero 4 Black Edition. Juara II diraih Ambisnis.com, mereka berhak atas hadiah uang tunai Rp35,9 juta dan Drone DJI Phantom 3.

Pemenang utama yaitu Fariz Tadjoedin dengan aplikasi Chat Banking. Kreativitas Fariz membuatnya memenangkan Rp59 juta dan Oculus Rift.

Hal menarik di Finhacks 2016 yaitu pemenang utama jatuh pada peserta perorangan. Lelaki yang punya bisnis di bidang percetakan itu mengaku tak menyangka bila aplikasi buatannya berhasil memenangkan kompetisi ini.

“Saya sempat grogi waktu presentasi pertama kali di depan juri dan sempat down melihat aplikasi dari teman-teman yang lain. Tapi, ternyata saya menang,” ujar Fariz.

Menanggapi produk-produk aplikasi buatan peserta, khususnya juara I, Jahja mengaku tak menutup kemungkinan kerjasama untuk menggunakan aplikasi yang menjuarai Finhacks 2016. “Ini baru tahap awal, kami akan kaji secara mendalam terlebih dahulu. Jika memang bermanfaat, kami akan bekerjasama dengan pemenang,” jelasnya.

Jahja juga mengatakan, melihat kesuksesan acara ini, tak menutup kemungkinan ajang serupa akan kembali diselenggarakan tahun depan.


(NIN)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

2 days Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA