Juni, BI Proyeksikan Neraca Perdagangan Surplus USD1 Miliar

Dian Ihsan Siregar    •    Rabu, 11 Jul 2018 15:42 WIB
Juni, BI Proyeksikan Neraca Perdagangan Surplus USD1 Miliar
Bank Indonesia (BI). MI/Usman Iskandar.

Jakarta: ‎Bank Indonesia (BI) memproyeksikan tingkat neraca perdagangan mengalami surplus USD1 miliar di Juni 2018. Angka raihan itu lebih tinggi bila dibanding perkiraan sebelumnya yang mencapai dari perkiraan sebesar USD900 juta.

"Dengan data-data terakhir neraca perdagangan Juni itu akan lebih tinggi dari yang kita perkirakan sebelumnya, yang semula USD900 juta, ini bisa lebih tinggi jadi USD1 miliar," ungkap Gubernur BI Perry Warjiyo, saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Rabu, 11 Juli 2018.

Dia mengakui neraca perdagangan yang surplus memberikan dampak positif bagi tingkat defisit neraca transaksi berjalan atau current account deficit (CAD) di sepanjang tahun ini.

"Dengan perhitungan itu tentu saja nanti kita lihat, kita kalkulasi berapa CAD di kuartal II. Tapi sudah jauh-jauh hari kita ingatkan CAD secara musiman di kuartal II lebih tinggi," jelas dia.

‎Sampai akhir tahun ini, sambung dia, defisit transaksi berjalan tidak akan melebihi dari posisi 2,5 persen. Makanya, bank sentral tidak perlu merisaukan tingkat CAD di kuartal II tahun ini. Karena, masih bisa membaik di akhir tahun.

"Secara musiman di kuartal II lebih tinggi, tidak usah kaget, tidak usah risau, itu ada secara musiman yang akan turun. Secara keseluruhan di 2018, itu tidak lebih dari 2,5 persen dari PDB," pungkas dia.


(SAW)


Polda Perketat Pintu Masuk Bali

Polda Perketat Pintu Masuk Bali

18 minutes Ago

Untuk mengantisipasi gangguan keamanan lainnya seperti aksi demo saat IMF-WB berlangsung, polis…

BERITA LAINNYA