Permintaan Minim, Harga Daging Sapi di Sukabumi Turun

   •    Minggu, 08 Jul 2018 11:22 WIB
daging sapi
Permintaan Minim, Harga Daging Sapi di Sukabumi Turun
Daging Sapi (ANT/Wahyu Putro A).

Sukabumi: Harga daging sapi yang dijual di pasar tradisional Kota Sukabumi, Jawa Barat, tiga pekan setelah Idulfitri 1439 Hijriah mulai berangsur turun dikarenakan beberapa faktor.
   
"Turunnya harga daging sapi tersebut karena pasokan meningkat, namun permintaan menurun pasca-lebaran," kata Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskop UKMPP) Kota Sukabumi Ayep Supriatna di Sukabumi, seperti dikutip dari Antara, Minggu, 8 Juli 2018.

Adapun harga daging sapi kini Rp110 ribu hingga Rp115 ribu per kilogram (kg) yang awalnya mencapai Rp120 ribu hingga Rp130 ribu setiap kg. Daging sapi ini memang hanya beberapa kalangan saja yang membeli dalam jumlah besar seperti pemilik rumah makan.
 
Dia mengatakan bahwa warga biasanya membeli daging sapi hanya untuk kebutuhan keluarganya tidak lebih dari satu kilogram. Namun pada saat Lebaran lalu, masyarakat berbondong-bondong membeli daging, tapi sekarang pembelian menurun sehingga harganya ikut turun.
 
Menurutnya, harga daging memang selalu berfluktuasi yang dipengaruhi permintaan. Bahkan harga pakan ternak pun ikut menurun karena akan memengaruhi biaya operasional peternak.
   
"Kami secara rutin melakukan pendataan harga dan persediaan barang di setiap pasar tradisional agar bisa diketahui penaikan dan penurunan harga. Namun secara umum persediaan barang mencukupi hingga beberapa bulan ke depan," tambahnya.
 
Sementara, distributor daging sapi Ichwan Hamid mengatakan penaikan dan penurunan harga ini sudah hal yang lumrah. Namun yang terpenting daging sapi yang disuplay ke pasar harus benar-benar segar. Untuk kualitas daging yang bagus yakni kadar airnya tidak terlalu banyak dan tidak mengeluarkan bau.
(SAW)