Dukung Industri 4.0 di Tiongkok, Siemens dan Alibaba Teken MoU

Annisa ayu artanti    •    Selasa, 10 Jul 2018 22:51 WIB
alibaba
Dukung Industri 4.0 di Tiongkok, Siemens dan Alibaba Teken MoU
Alibaba. Dok:AFP.

Jakarta: Dalam mendukung perkembangan industri 4.0 Siemes dan Alibaba Cloud perkuat teknologi di Tiongkok. Kedua perusahaan itu menandatangan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) untuk mendorong Industrial Internet of Things (IoT) di Tiongkok.

Presiden dan CEO Siemens AG Joe Kaeser mengatakan, Siemens dan Alibaba Cloud akan memanfaatkan teknologi dan sumber daya industri masing-masing untuk membangun solusi IoT. Selain itu, kemitraan ini adalah kesepakatan penting untuk membawa solusi industri 4.0 ke Tiongkok sebagai produsen manufaktur terdepan.

"Kami terus membangun jaringan digital dari industri global perusahaan melalui kemitraan dengan Alibaba Cloud. Pelanggan kami akan dapat memanfaatkan potensi Industrial Internet of Things dengan MindSphere yang sekarang telah tersedia di platform cloud terkemuka di Tiongkok," ungkap Kaeser dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 10 Juli 2018.

Sementara itu, Senior Vice President dari Alibaba Group Simon Hu menilai kemitraan ini menjadi langkah yang baik dalam mencapai tujuan Alibaba Cloud untuk memungkinkan transformasi digital di seluruh dunia.

"Kami merasa senang dapat bermitra dengan Siemens dan berharap agar kemitraan ini dapat mempercepat pengadopsian produk dan layanan IoT yang nantinya dapat menciptakan terobosan dan kemajuan di seluruh industri," ungkap Simon Hu.

Sebagai bagian dari penawaran digital komprehensif Siemens, MindSphere merupakan sistem operasi IoT terbuka berbasis cloud milik Siemens yang memberikan berbagai pilihan konektivitas ke perangkat dan perusahaan, aplikasi yang kuat, analisis yang canggih, dan inovasi closed-loop dengan solusi digital twin yang lengkap.

Implementasi MindSphere di Alibaba Cloud diyakini akan memberikan layanan menarik bagi perusahaan di wilayah Cina Daratan untuk berinovasi dengan solusi industri yang canggih.


(SAW)