Cara Menggaet Pelanggan Datang ke Restoran Anda

Rosa Anggreati    •    Senin, 09 Jan 2017 07:00 WIB
kuliner
Cara Menggaet Pelanggan Datang ke Restoran Anda
Dalam bisnis kuliner, kenikmatan rasa menjadi daya tarik orang mau datang berulang kali (Foto:Dok.Royco)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bicara mengenai bisnis restoran, tak lepas dari serangkaian eksperimen di dapur, uji coba beragam resep, dan gagasan kreatif untuk meningkatkan jumlah konsumen.


Ada lima cara yang bisa dicoba untuk meningkatkan jumlah kunjungan konsumen, yang itu sama artinya dengan bertambahnya pemasukan restoran.


1. Tawarkan paket menu


Banyak konsumen menyukai membeli paket menu dengan harga yang lebih murah jika membeli dalam porsi satuan. Berdasarkan riset yang dilakukan NPD, sebuah perusahaan riset pasar terkemuka, terhadap 5.000 konsumen, ditemukan bahwa konsumen menyukai memesan paket menu combo. Alasannya, makanan tersebut mudah dipesan dan lebih hemat. Mereka juga menyukai membeli paket menu karena diperbolehkan memilih jenis minuman.


2. Beri diskon pada jam tertentu


Pertimbangkan untuk memberikan diskon pada hari dan jam tertentu. Menurut riset yang dilakukan Restaurant Industry Forecast pada 2015, sebanyak 77 persen konsumen berusia dewasa menyukai berkunjung ke restoran pada jam sibuk jika mereka diiming-imingi diskon.


Guna meningkatkan angka kunjungan, Anda bisa memberlakukan 'happy hour' di restoran Anda. Misalnya, promo beli 1 gratis 1 yang berlaku pada Senin hingga Jumat, pukul 12.00-15.00. Cara ini akan menarik konsumen lebih banyak sehingga produk yang terjual pun lebih banyak.


3. Hadiahi konsumen yang loyal


Setiap pengusaha restoran akan senang jika memiliki banyak pengunjung setia. Memberikan kartu member khusus bagi pengunjung yang sering datang, adalah cara untuk 'mengikat' konsumen. Contoh nyata terjadi pada kedai kopi Starbucks. Pada tahun 2013 kuartal kedua, laporan keuangan Starbucks memperlihatkan kenaikan laba 26 persen, dan 11 persen kenaikan keseluruhan pendapatan. Profit tersebut didapat berkat program loyalitas yang diterapkan untuk pelanggannya, My Starbucks Rewards.


4. Selenggarakan acara rutin


Jika Anda ingin memberikan pelanggan sebuah alasan untuk kembali ke restoran Anda, maka selenggarakan acara rutin yang sayang untuk mereka lewatkan. Häagen-Dazs, misalnya. Mereka sukses menggaet banyak pelanggan baru dengan menjadi tuan rumah acara penggalangan dana masyarakat, Free Cone Day.


Selain itu, beberapa inspirasi acara rutin yang bisa dicoba diterapkan di restoran Anda yaitu live music events, malam amal, pesta privat, kelas memasak, nonton bareng, atau acara kopi darat komunitas tertentu.


5. Lakukan efisiensi


Efisiensi waktu dan tenaga diperlukan untuk menunjang keberhasilan sebuah restoran. Misalnya, dalam hal meracik bumbu. Tak jarang untuk mendapatkan cita rasa otentik, pemilik restoran meminta karyawannya untuk meracik sendiri bumbu. Lamanya waktu dan proses meracik bumbu berakibat pada pemborosan waktu dan tenaga.


Contohnya, membuat menu ayam kremes. Tantangan membuat ayam kremes terletak pada racikan bumbu halus. Takaran yang kurang tepat dan konsisten akan menghasilkan ayam kremes yang rasanya kurang lezat. Sementara, dalam bisnis kuliner, kenikmatan rasa menjadi daya tarik orang mau datang berulang kali.


Royco Bumbu Dasar Ayam Kuning menjawab tantangan tersebut. Royco Bumbu Dasar Ayam Kuning merupakan bumbu giling basah yang praktis digunakan memasak berbagai hidangan.


Royco Bumbu Dasar Ayam Kuning seperti bumbu giling kuning yang konsisten, terbuat dari kunyit, serai, jahe, lengkuas, dan bawang berkualitas. Rasanya lezat meresap, cocok untuk mengolah ayam kremes dan berbagai jenis masakan Indonesia lainnya. Dan yang pasti praktis untuk memasak dalam jumlah banyak, hemat waktu, dan tenaga.


Selain melakukan lima hal di atas untuk meningkatkan jumlah pelanggan, silakan kunjungi halaman ini untuk menyaksikan video resep masakan yang dapat menginspirasi bisnis kuliner Anda.





(ROS)

<i>Tender Offer</i> Persero dan <i>Holding</i> BUMN

Tender Offer Persero dan Holding BUMN

18 hours Ago

PRESIDEN Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2017 tentang Pena…

BERITA LAINNYA