Presiden Jokowi Beri Penghargaan Pasar Rakyat Terbaik

Ilham wibowo    •    Rabu, 20 Feb 2019 16:33 WIB
pasar tradisionaljoko widodo
Presiden Jokowi Beri Penghargaan Pasar Rakyat Terbaik
Presiden Joko Widodo. MI/Ramdani.

Jakarta: Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bakal memberikan penghargaan bagi pengelolaan pasar rakyat terbaik. Penganugrahan pemenang bakal dilakukan melalui acara 'Pasar Rakyat Award'.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Tjahya Widayanti mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi kepada pelaku dan pengelola pasar rakyat. Pemberian penghargaan dijadwalkan berlangsung pada kegiatan peresmian pasar rakyat yang rencananya juga dibuka Presiden Jokowi di International Convention and Exhibition, Bumi Serpong Damai (ICE BSD), Tangerang pada Maret 2019.

"Pasar Rakyat Award diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada pengelola pasar yang telah mengelola dan mengembangkan pasar rakyat dengan baik serta menyediakan barang kebutuhan masyarakat dengan harga yang terjangkau," kata Tjahya di kantornya, Jakarta, Rabu, 20 Februari 2019. 

Menurut Tjahya, pemberian penghargaan ini bertujuan menumbuhkan kemandirian pasar rakyat untuk melakukan penataan dan pengelolaan pasar secara aktif. Motivasi juga meningkat dalam rangka mewujudkan pasar yang aman, bersih, nyaman, dan berkeadilan.

Hingga 2018 pemerintah telah merevitalisasi pasar rakyat sebanyak 4.211 unit yang dianggarkan melalui dana alokasi khusus dan tugas pembantuan. Pada 2019, rencana kelanjutan pembangunan pasar rakyat bakal fokus di 1.037 titik dengan anggaran sebesar Rp1,1 triliun.

"Revitalisasi juga bikin akses lebih mudah seperti arus transportasi ikut diperbaiki dan diatur. Barang yang dijual juga diseleksi dan semua sudah bersih bukan lagi yang masih kotor ada tanah tanahnya," paparnya. 

Selain itu, revitalisasi pasar rakyat juga ditujukan meningkatkan peran serta segenap pelaku pasar untuk saling bersinergi mempertahankan eksistensi pasar rakyat. Daya saing pasar rakyat juga ditingkatkan agar dapat memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan perekonomian di daerah sekitarnya.

"Kegiatan operasional dan penempatan pedagang dikelola dengan baik. Ada zona basah zona kering, jualan pakaian tidak di antara bumbu dapur, juga tidak jualan sayur di zona pakaian," bebernya. 

Adapun kategori Pasar Rakyat Award dibagi menjadi tiga yaitu pasar revitalisasi terbaik, pasar ramah lingkungan, serta pasar ramah difabel. Masing-masing kategori akan dipilih tiga pasar untuk mendapatkan penghargaan. Para pengelola pasar juga akan diberikan penghargaan untuk satu kategori terpisah. 

Selain peresmian pasar dan pemberian penghargaan, akan dilakukan juga pemberian sertifikat kepada lima pasar yang telah mendapatkan SNI pasar rakyat 8152:2015 di 2018.

"Dengan pengelolaan pasar rakyat yang semakin baik, maka pasar rakyat akan semakin kompetitif dan menjadi tempat yang nyaman bagi masyarakat untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari," pungkas Tjahya.



(SAW)