Kebutuhan SDM di Industri Keuangan Diprediksi Meningkat

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 13 Oct 2016 12:42 WIB
keuanganindustri keuangan
Kebutuhan SDM di Industri Keuangan Diprediksi Meningkat
Ketua DK-OJK Muliaman D Hadad (MI/RAMDANI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berencana akan menerbitkan peta jalan untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di industri jasa keuangan. Bukan hanya industri perbankan, tetapi juga termasuk di industri asuransi, industri pasar modal serta industri keuangan lainnya.

"Semoga ada roadmap yang clear persiapan pengembangan SDM di jasa keuangan," ujar Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad, di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, Kamis (13/10/2016).

Dirinya menambahkan, perkembangan di industri keuangan akan bersamaan dengan tumbuhnya pendapatan masyarakat. Apalagi Indonesia diprediksi akan mendapatkan bonus demografi pada beberapa tahun mendatang.

"Karena industri keuangan sejalan dengan peningkatan pendapatan masyarakat, tumbuhnya feader income, kelompok menengah terus berkembang, bonus demografi. Ini semua akan meningkatkan permintaan terhadap jasa keuangan dalam artian luas," jelas dia.

Jika semua potensi itu bisa dikelola dengan baik, OJK meyakini jika pertumbuhan industri keuangan di Indonesia bisa lebih baik. Meskipun dibutuhkan berbagai kesiapan, termasuk perbaikan SDM di industri tersebut.

"Kemampuan menabung dan investasi akan lebih besar, pilihan keuangan juga akan bergeser dari tradisional jadi lebih shopisticated. Ini jadi kesempatan bagi industri keuangan untuk tumbuh lebih besar," pungkasnya.


(ABD)