KAI-WIKA Groundbreaking TOD Pasar Senen Rp500 Miliar

Annisa ayu artanti    •    Selasa, 10 Oct 2017 15:25 WIB
pt kai
KAI-WIKA <i>Groundbreaking</i> TOD Pasar Senen Rp500 Miliar
Pembangunan kawasan Transit Oriented Development (TOD) di Stasiun Pasar Senen, Jakarta. MTVN/Annisa Ayu.

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan kawasan Transit Oriented Development (TOD) di Stasiun Pasar Senen, Jakarta.

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengatakan, pembangunan TOD Pasar Senen dilakukan untuk mendukung perbaikan tata kota DKI Jakarta yang terkenal sebagai kota dengan penduduk yang padat. Pengembangan kawasan TOD Pasar Senen yang diresmikan hari ini mendukung perbaikan tata kota khususnya di wilayah padat penduduk seperti Pasar Senen.

"Mobilisasi masyarakat juga akan terbantu karena kawasan ini langsung terintegrasi dengan stasiun kereta api Pasar Senen," jelas Edi, di lokasi groundbreaking di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Selasa 10 Oktober 2017.

Menurutnya, pembangunan ini merupakan bentuk sinergi yang baik oleh perusahaan pelat merah. Ia berharap TOD Pasar Senen dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan memperkuat lini bisnis BUMN.

Sementara itu, Direktur Utama WIKA Bintang Perbowo menjelaskan, pengembangan kawasan ini akan memakan dana sekitar Rp500 miliar. Proyek ini akan dikerjakan dalam waktu empat tahun dan waktu kerja sama selama 50 tahun. Pembangunan ini merupakan program pemerintah untuk membangun realisasi program satu juta rumah.

"Ini adalah salah satu wujud komitmen WIKA dalam mendukung program pemerintah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan perumahan. WIKA siap mendukung dengan bersinergi dengan BUMN pemilik lahan dalam hal ini KAI, untuk mewujudkan pembangunan TOD di area Stasiun Pasar Senen," tutup Bintang.

TOD Stasiun Pasar Senen didirikan diatas lahan seluas 8.560 meter persegi. Jumlah tower yang akan dibangun sebanyak tiga bangunan. Jumlah unit Rusunami yang akan terdapat pada TOD Stasiun Pasar Senen ini sebanyak 480 unit. Sedangkan jumlah apartment middle low sebanyak 882 unit.

 


(SAW)