Bulog Bangka Perkuat Stok Beras Jelang Puasa

   •    Jumat, 13 Apr 2018 15:09 WIB
stok berasbulog
Bulog Bangka Perkuat Stok Beras Jelang Puasa
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Pangkalpinang: Perum Bulog Subdivre Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menambah pasokan 1.000 ton beras. Penguatan pasokan itu dilakukan untuk memperkuat stok guna menjaga stabilitas harga menjelang Ramadan di daerah setempat.

"Saat ini stok beras di gudang hanya 966 ton dan cukup untuk alokasi rastra tiga bulan ke depan," kata Kepala Perum Bulog Subdivre Bangka Tri Novianti, seperti dikutip dari Antara, di Pangkalpinang, Jumat, 13 April 2018.

Ia menjelaskan penambahan stok 1.000 ton dari Palembang, Sumatera Selatan, ini sebagai upaya Bulog menjaga stabilitas harga beras menjelang puasa dan Hari Raya Idulfitri nanti yang cenderung naik karena permintaan meningkat.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini pasokan beras ini sudah sampai di Pelabuhan Pangkalbalam Pangkalpinang," tuturnya.

Novianti mengatakan dalam penambahan stok beras ini Bulog Bangka hanya mengandalkan pasokan dari sentra produksi beras di daerah lain, karena hasil padi lokal yang masih terbatas. "Kita tidak pernah membeli beras petani karena harga beras di tingkat petani di atas harga pembelian pemerintah mencapai Rp10.000 per kilogram," katanya.

Selain itu, petani di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga tidak kesulitan memasarkan beras hasil panen padinya. "Petani mudah memasarkan beras, bahkan produksi yang dihasilkan kurang untuk memenuhi permintaan pasar," pungkasnya.

 


(ABD)