Pemerintah Bakal Ubah Tarif Tax Allowance

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 04 Apr 2018 19:45 WIB
investasi
Pemerintah Bakal Ubah Tarif <i>Tax Allowance</i>
Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution. ANT/Puspa Perwitasari.

Jakarta: Pemerintah saat ini masih mematangkan perubahan insentif fiskal tax allowance. Salah satu yang dipertimbangkan pemerintah yakni terkait besaran tarifnya.

Selama ini, potongan pajak penghasilan (PPh) yang diberikan bagi perusahaan yang mendapatkan fasilitas tax allowance yakni 30 persen selama enam tahun, atau dalam artian potongan pajak yang diberikan yakni lima persen setiap tahunnya.

Menko Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, kedepannya akan memperlebar tarifnya dari 20 persen, 40 persen, 60 persen, hingga 80 persen.

"Kita juga ubah tax allowance, tax discount bisa 20 persen, 40 persen, 60 persen bahkan dalam kasus tertentu bisa 80 persen," kata Darmin di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu, 4 April 2018.

Mantan Dirjen Pajak ini mengatakan, besaran tarif yang didapat pengusaha akan sangat tergantung pada berapa besar investasi yang dilakukan. Namun demikian, Darmin masih enggan menjelaskan secara detail, sebab pemerintah masih belum tuntas dalam membahas perubahan tersebut. Ia menjanjikan, bakal dirampungkan akhir April.

Seperti diketahui, pemerintah saat ini memang tengah membenahi insentif pajak yang dianggap tak terlalu diminati oleh dunia usaha baik dalam bentuk tax allowance maupun tax holiday.

Berdasarkan catatan Ditjen Pajak Kemenkeu, pengguna tax allowance sejauh ini sebanyak 138 wajib pajak. Sementara tax holiday hanya dimanfaatkan lima wajib pajak. Pada tahun 2017, tercatat sebanyak sembilan perusahaan penerima tax allowance, sedangkan tax holiday tidak ada satu wajib pajak menerimanya.





(SAW)


Pengalihan Komando BP Batam Disebut Membuat Gaduh

Pengalihan Komando BP Batam Disebut Membuat Gaduh

1 day Ago

Pengalihan komando Pengelolaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) Batam kepa…

BERITA LAINNYA