Bank Mandiri Catat Dana Repatriasi Capai Rp27 Triliun

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 13 Apr 2017 17:47 WIB
tax amnesty
Bank Mandiri Catat Dana Repatriasi Capai Rp27 Triliun
Bank Mandiri. MI/ADAM DWI.

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bank Mandiri Tbk (Persero) mencatat dana repatriasi yang terkumpul dalam program pengampunan pajak (tax amnesy) sebesar Rp27 triliun.

Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo menyebutkan pada Desember 2016 lalu tercatat dana reptriasi yang terkumpul sebanyak Rp23 triliun. Lalu, saat periode ketiga dana tersebut terus bertambah menjadi Rp27 triliun.

"Desember banyak masuk Rp23 triliun kemarin ada tambahan terakhir menjadi Rp27 triliun," kata Tiko di Ballroom Hotel Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Kamis 13 Maret 2017.

Seperti bank-bank lain yang menampung dana repatriasi, Tiko menjelaskan, dana tersebut masuk melalui instrumen deposito dan pasar modal. Ia juga mengakui pada periode akhir tax amnesty dana yang masuk ke Bank Mandiri tidak besar seperti pada periode awal.

"Dananya sebagian di deposito, sebagian pindah ke instrumen pasar modal, reksa dana mupun bonds, tapi memang dananya tidak yang masuk di Maret tidak sebanyak pada Desember kemarin," ungkap dia.

Sesuai dengan kesepakan dengan Direktorat Jenderal Pajak, Tiko menambahkan dana itu harus mengendap selama tiga tahun sebelum dipakai  kembali.

"Mungkin bertahap 80 persen belum semuanya pindah yang penting sesuai kesepakatan dengan DJP lock 3 tahun sesuai dengan masa," pungkas dia.



(SAW)