Peningkatan Organisasi Petani Mampu Stabilkan Harga

   •    Minggu, 14 May 2017 13:19 WIB
harga sembako
Peningkatan Organisasi Petani Mampu Stabilkan Harga
Petani. ANTARA/Yudhi Mahatma.

Metrotvnews.com, Karawang: Untuk menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok, pemerintah dinilai perlu melakukan peningkatan organisasi para petani. Peningkatan tersebut, diharapkan akan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) para petani.

"Yang paling penting adalah dengan menjaga stabilitas harga adalah dengan meningkatkan SDM petani melalui peningkatan organisasi petani kita. Dengan begitu mereka akan mengetahui bagaimana mengelola pasar sendiri hasil panen mereka," kata Ketua Umum Serikat Tani Karawang (Setakar) Deden Sopyan kepada Media Indonesia, Minggu 14 Mei 2017.

Deden menilai peningkatan organisasi diperlukan seiring dengan majunya teknologi pertanian, yang akan membuat petani mampu menjual batang produksi langsung ke pasaran melalui organisasinya sendiri.

"Harga tidak turun, petani tetap sejahtera. Sehingga peningkatan penghasilan hidup masyarakat dapat terjaga," ujarnya.

Selain itu, untuk meningkatkan produksi pertanian di Karawang, dengan keterbatasan lahan saat ini. Pihaknya akan menyarankan kepada pemerintah untuk melakukan pemanfaatan lahan marginal dengan menggunakan hak garapan.

"Pemerintah harus melakukan terlebih dahulu pendataan mana saja lahan-lahan perusahaan yang saat ini masih kosong. Lalu kemudian ditanyakan kapan lahan tersebut akan digunakan oleh pemiliknya. Setelah itu ajak petani penggarap untuk melakukan garapan dengan kontrak kerjasama penggunaan," ucapnya.

Dengan strategi tersebut, menurut dia akan menghindari potensi konflik agraria antara petani dan perusahaan.

"Konsep ini yang seharusnya digunakan Pemerintah. Namun dalam pelaksanaan penanaman, pemerintah harus diversifikasi Pertanian. Untuk memenuhi kebutuhan pasar," pungkasnya.


(SAW)