Legislator Dorong Sektor Pariwisata Tarik Banyak Investasi

   •    Sabtu, 10 Nov 2018 11:31 WIB
pariwisatainvestasi
Legislator Dorong Sektor Pariwisata Tarik Banyak Investasi
Pulau Padar, salah satu destinasi wisata di Taman Nasional Komodo. (Foto:metrotvnews.com)

Jakarta: Wakil Ketua Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra mengatakan dorongan terhadap sektor pariwisata perlu terus ditingkatkan.

Menurut Sutan sektor pariwisata nasional saat ini semakin berkembang. Perkembangan tersebut perlu dimanfaatkan untuk menarik investasi asing lebih banyak ke dalam negeri.

Dia mencontohkan Thailand misalnya yang dinilai berhasil mengoptimalkan sektor pariwisata dengan sangat baik. Pariwisata tersebut mendatangkan aliran modal masuk dan membuat neraca transaksi berjalan Negeri Gajah Putih tersebut tercatat positif.

"Selama ini neraca transaksi berjalan Thailand berada dalam kondisi yang sangat stabil, bahkan tidak pernah mengalami defisit, karena ditunjang sektor pariwisata," kata Sutan seperti dikutip dari Antara, Sabtu, 10 November 2018.

Politisi Partai Gerindra itu mengingatkan bagusnya kondisi perekonomian Thailand karena didorong oleh sektor pariwisata. Thailand berhasil menarik kunjungan wisatawan mancanegara hingga 30 juta per tahun.

Hal ini perlu dicontoh agar sektor pariwisata nasional juga harus mampu membawa lebih banyak devisa dari luar. Ia bilang devisa tersebut tentunya masuk dalam bentuk investasi.

"Belajar dari Thailand kita ingin pariwisata menjadi penghasil devisa utama baik yang dibawa wisatawan dan juga ada foreign direct investment," tutur dia.

Sebelumnya, Kementerian Pariwisata menargetkan pemasukan devisa dari sektor pariwisata sebesar USD17 miliar pada 2018. Devisa tersebut ditargetkan meningkan menjadi USD20 miliar pada 2019.


(SCI)


Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

1 day Ago

Merpati Nusantara Airlines berjanji akan melunasi utang dan pesangon mantan karyawannya. Janji …

BERITA LAINNYA