Pemerintah Belum Luncurkan Aturan Pajak Selebgram

Desi Angriani    •    Rabu, 09 Jan 2019 23:18 WIB
perpajakaninstagram
Pemerintah Belum Luncurkan Aturan Pajak Selebgram
Instagram. Dok: AFP.

Jakarta: Pemerintah berencana membebankan pajak kepada para bintang Instagram atau yang lebih dikenal dengan selebgram. Namun Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) belum meluncurkan aturan tersebut.

"Belum ada. Tapi harus dikenakan pajak biar fair," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara saat ditemui di Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu, 9 Januari 2019.

Menurutnya, para selebgram sudah sepantasnya dikenakan pajak lantaran mereka memperoleh menghasilan melalui media sosial atau dunia maya. Hal tersebut tak jauh berbeda dengan aturan pajak bagi artis atau pekerja seni di dunia nyata. 

"Kalau perform di televisi misalkan kena pajak, maka di dunia maya juga harus dikenakan dong. Saat tampil di dunia maya kan dia dapat honor tu. Ya submit kepada pajak dong. Bagaimana caranya ya teman-teman pajak lah," tutur Rudi.

Adapun pengenaan pajak tersebut tidak akan jauh berbeda dengan Wajib Pajak (WP) pada umumnya. Namun dengan syarat pendapatan dari selebgram harus di atas Pendapatan Tak Kena Pajak (PTKP) yang ditetapkan.

Sebelumnya, pemerintah akan mengejar setoran pajak di media sosial untuk menggenjot penerimaan pajak. Salah satunya, pajak dari pengguna akun media sosial yang melakukan aktifitas penyokong (endorser) dan pendengung (buzzer) produk tertentu.



(SAW)


Menperin Sampaikan Kesiapan Revolusi Industri 4.0 di Swiss
World Economic Forum 2019

Menperin Sampaikan Kesiapan Revolusi Industri 4.0 di Swiss

2 hours Ago

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga menegaskan Indonesia siap menyongsong era revolusi i…

BERITA LAINNYA