Pabrik Mobil Listrik Siap Dibangun di Karawang

Suci Sedya Utami    •    Jumat, 07 Dec 2018 10:22 WIB
mobil listrik
Pabrik Mobil Listrik Siap Dibangun di Karawang
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan (MI/BARY FATHAHILAH)

Jakarta: Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) serius berkomitmen untuk mengembangkan mobil listrik di Tanah Air. Selain untuk menurunkan ketergantungan terhadap Bahan Bakar Minyak (BBM) yang masih impor, mobil listrik juga bertujuan untuk menurunkan polusi.

Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan salah satu yang telah disiapkan untuk pengembangan mobil listrik yakni lokasi pabrik. Dia mengatakan pemerintah memilik lokasi pabrik perakit mobil listrik di Karawang, Jawa Barat.

"Kita sudah pikir bikin pabrik mobil listrik. Nanti akan kita buat di Karawang, Bekasi, di Purwakarta," kata Luhut, di Kemenko Maritim, Jakarta, Kamis malam, 6 Desember 2018.

Dia mengatakan upaya pengembangan mobil listrik di Tanah Air sebetulnya didasari agar Indonesia tidak selalu bergantung untuk membeli mobil listrik dari luar negeri. Luhut menjelaskan saat ini pemerintah tengah menyusun draf Peraturan Presiden (Perpres) untuk pengembangan mobil listrik.

Selain itu, tambahnya, pemerintah menjanjikan untuk memberikan insentif bagi industri yang bersedia mengembangkan mobil listrik di Indonesia. Salah satunya, kata Luhut, bisa dalam bentuk pembebasan pajak.

Luhut tidak menampik meski dirakit di Indonesia, namun tentu ada beberapa komponen yang tidak tersedia di dalam negeri. Artinya komponen tersebut harus diimpor. Komponen impor itu yang nantinya tidak akan dikenakan bea masuk dan lain sebagainya.

"Misalnya pajak nol persen, nanti kita lihat. Kan tidak semua komponen mobil listrik dari Indonesia. Misalnya cobalt-nya mungkin kita kasih pajak masuk nol biar lebih murah," pungkas dia.

 


(ABD)


Pengalihan Komando BP Batam Disebut Membuat Gaduh

Pengalihan Komando BP Batam Disebut Membuat Gaduh

1 day Ago

Pengalihan komando Pengelolaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) Batam kepa…

BERITA LAINNYA