Kekuatan Garuda Grup Bangkitkan Sriwijaya Air

Annisa ayu artanti    •    Rabu, 16 Jan 2019 05:42 WIB
garuda indonesiasriwijaya air
Kekuatan Garuda Grup Bangkitkan Sriwijaya Air
Garuda Indonesia. Dok;AFP.

Jakarta: Maskapai Sriwijaya Air akhirnya secara resmi dibantu oleh kekuatan Garuda Grup untuk bangkit dari keterpurukan kinerja operasional dan keuangan.

Sriwijaya Air optimistis pasca terjalinnya kerja sama yang dilakukan dengan lima mitra strategis Garuda Grup kemarin, bisa membuat maskapai swasta itu kembali mengudara dengan prima dengan pengelolaan manajemen yang baik. 

"Sriwijaya Air akan dibantu dengan kekuatan Garuda Group termasuk dengan anak-anak perusahaan Garuda," kata Direktur Utama Sriwijaya Air Joseph Adriaan Saul kepada Medcom.id, Selasa, 15 Januari 2019.

Selain itu, Joseph berharap, melalui kerja sama ini juga maskapai yang dibentuk oleh keluarga Lie (Hendry Lie dan Chandra Lie) dengan Johannes Bundjamin dan Andy Halim ini bisa tahan banting dengan ketatnya bisnis industri penerbangan.

"Diharapkan ke depan Sriwijaya akan semakin kuat dan tahan banting di industri penerbangan dengan persaingan yang ketat," tutur dia.

Kemarin Sriwijaya Air menandatangani kerja sama dengan lima mitra usaha PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA). Di tahun-tahun mendatang dalam hal ground handling service Sriwijaya Air akan dibantu PT Gapura Angkasa.

Lalu, dalam sisi pelayanan konsumsi penumpang serta penjualan souvenir selama penerbangan, Sriwijaya Air menunjuk PT Aerofood Indonesia atau lebih dikenal dengan Aero Catering Service (ACS) sebagai pengelolanya,

Kemudian, untuk pegelolaan seluruh transportasi pilot beserta awak kabin Sriwijaya Air menyerahkan kepada PT Aerotrans Service Indonesia. Sementara untuk distribution channel Sriwijaya Air dalam travel dan leisur, Sriwijaya Air menyerahkan kepada PT Aero Globe Indonesia atau dikenal dengan Aerotravel. 

Terakhir, untuk penanganan kargo, Sriwijaya Air akan mempercayakan operasionalnya kepada PT Aerojasa Cargo atau Aero Express.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk Ari Askhara mengatakan, kerja sama ini ditujukan membantu kinerja Sriwijaya Air.

"Kerja sama operasi ini ditujukan untuk membantu Sriwijaya Air Group memperbaiki kinerja operasi dan kinerja keuangan termasuk membantu Sriwijaya Air dalam memenuhi komitmen-komitmen atau kewajiban mereka terhadap pihak ketiga yang di antaranya ada pada lingkungan Garuda Indonesia Group," kata Ari dalam keterangan tertulis.





(SAW)