IMPA Sangat Mendukung Perdagangan Dunia

   •    Minggu, 10 Sep 2017 14:18 WIB
perdagangan
IMPA Sangat Mendukung Perdagangan Dunia
Illustrasi. ANT/M Agung Rajasa.

Metrotvnews.com, Medan: International Maritime Pilot Association (IMPA) sangat penting sekali dalam mendukung perdagangan dunia, nasional dan lokal.

"Di tangan para Maritime Pilots setiap hari ratusan dan bahkan ribuan kapal-kapal berbagai jenis, ukuran dan diminsi lainnya ditangani secara profesional," kata Presiden Indonesian Maritime Pilot Association (INAMPA), Pasoroan Herman Harianja, dikutip dari Antara, Medan 10 September 2017. 

Hal tersebut dikatakan Pasoroan Herman mengutip ucapan Presiden IMPA, Capt.Simon Pelletier dari Kanada sebagai pembicara utama pada pertemuan para pandu maritim se-Asia Pacifi di Bal pada akhir Agustus 2017, dihadiri lebih dari 200 peserta dari berbagai negara.

Beberapa negara tersebut, yakni Korea Selatan, Jepang, China, Australia, Selandia Baru, Filipina, Papua New Guinea, Malaysia, Taiwan, Singapura, Hongkong, Vietnam, Kanada, dan Indonesia sebagai Tuan Rumah.

Presiden IMPA mengatakan, Maritime Pilot tanpa mengenal waktu, bahkan cuaca dan kondisi laut lainnya yang membutuhkan keterampilan dan kepiawaian sehingga setiap kapal dipandu dapat keluar/masuk pelabuhan, alur pelayaran, serta perairan penting lainnya dapat berjalan sebagaimana harapan seluruh pengambil kebijakan maritim dibelahan dunia manapun.

Prioriatas utama IMPA saat ini, adalah agar organisasi profesi itu tetap kuat dan dihormati mereka harus bisa bekerjasama dengan pihak-pihak memiliki keterkaitan dengan sektor keselamatan, keamanan maritim seperti IMO secara internasional.

"Serta pembuat keputusan di berbagai level negara masing-masing maupun di kawasan regional," ucapnya.

Simon menambahkan, Maritime Pilots mempunyai tugas yang mulia, dan bebas dari pengaruh komersial dalam mengambil keputusan secara independent ketika melakukan tugas tersebut yang berhubungan dengan keselamatan, keamanan maritim terhadap kapal dan lingkungan maritime.

Ia merasa bangga kepada INAMPA yang telah mampu menghadirkan peserta dari negara-negara Asia Pacifik pada pertemuan yang dipusatkan di Bali.

"Petemuan tersebut, juga bertujuan untuk meningkatkan keselamatan, keamanan maritim di kawasan Asia Pacifik untuk mendukung logistic/transportasi dan perdagangan global menuju kemakmuran ummat manusia," kata President IMPA itu.



(SAW)