AP I Siap Menghadapi Kenaikan Penumpang saat Mudik

Eko Nordiansyah    •    Selasa, 18 Apr 2017 15:03 WIB
angkasa pura 1
AP I Siap Menghadapi Kenaikan Penumpang saat Mudik
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Angkasa Pura I (Persero) mengaku siap menyambut lonjakan penumpang saat mudik Lebaran 2017. Perseroan akan menambah sumber daya manusia (SDM) untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang menggunakan pesawat di bandara.

Direktur Utama Angkasa Pura I Danang S Baskoro mengatakan, ada beberapa titik evaluasi bandara yang akan mengalami kepadatan selama mudik. Bahkan pihak AP I akan menambah personil dengan menggandeng pihak dari TNI maupun Polri.

"Bantuan TNI/Polri dalam rangka untuk memberikan pelayanan kepada pengguna jasa bandara maupun untuk keamanan. Jumlah terus dievaluasi supaya bisa berikan pelayanan lebih baik daripada tahun lalu. Nanti kita akan ada rapat di kantor pusat untuk semua bandara yang ada angkutan Lebaran," kata dia di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Selasa 18 April 2017.

Dirinya menambahkan akan ada sekira tujuh persen tambahan penumpang yang akan menggunakan pesawat pada Lebaran tahun ini. Kenaikan ini, kata dia, dipengaruhi oleh lamanya waktu libur Lebaran tahun ini jika dibandingkan dengan libur Lebaran tahun lalu.

"Kalau saya prediksi lebih tinggi karena ini libur setelah Lebaran panjang. Biasanya orang libur mudik itu di sana cuma berapa hari lebih baik stay di sana. Ini Lebaran Sabtu-Minggu dan mereka itu cuti panjang, saya yakni ini karena banyak pembantu yang pulang juga, lebih baik mereka berlibur atau pulang ke kampung halaman," jelas dia.

Kenaikan penumpang diprediksi akan terjadi di Bandara Ngurah Rai Bali, Surabaya, dan beberapa bandara di Jawa Tengah. Meski begitu, AP I mewaspadai adanya gangguan cuaca yang akan mempengaruhi jumlah penumpang yang naik pesawat.
(AHL)