Menkeu Mewaspadai Dampak Ekonomi dari Krisis Rudal Korut

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 06 Sep 2017 19:30 WIB
nuklir korea utara
Menkeu Mewaspadai Dampak Ekonomi dari Krisis Rudal Korut
Menkeu Sri Mulyani. MI/Susanto.

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan Indonesia patut mewaspadai percobaan rudal yang dilancarkan oleh Korea Utara (Korut).

Menurut dia, percobaan rudal yang dilakukan Kim Jong Un tersebut akan membuat kawasan Asia memanas dan tentunya menyebabkan ketidakpastian yang berdampak pada seluruh dunia.

"Ini merupakan bentuk risiko ketidakpastian yang enggak hanya mengancam untuk region Asia saja, tapi juga bisa ke seluruh dunia karna di dalam retorika pemimpin ini sudah menggunakan berbagai macam peralatan militer yang bisa mengancam kedamaian dunia," kata Ani di Gedung DPD, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu 6 September 2017.

Ani mengatakan, baik Korea Utara, Korea Selatan dan negara di kawasan Asia selama ini telah dianggap sebagai kawasan yang aman oleh mata dunia. Sehingga kawasan tersebut bisa fokus dalam menata pembangunan dan juga menjaga pertumbuhan ekonomi yang relatif lebih tinggi dibanding negara di kawasan lainnya.

Mantan Direktur Pelaksana Dunia ini menambahkan, ketidakpastian yang terjadi akibat dampak dari percobaan rudal Korea Utara harus diperhatikan. Sebab, situasi tersebut membuat banyak pelaku usaha memilih untuk wait and see dalam menjalankan bisnisnya.

"Oleh karena itu, menurut saya ini butuh diwaspadai ," jelas Ani.


(SAW)