Manajemen Sayangkan Demo Serikat Pekerja Danamon Kembali Terjadi

Dian Ihsan Siregar    •    Selasa, 16 May 2017 12:01 WIB
bank danamon
Manajemen Sayangkan Demo Serikat Pekerja Danamon Kembali Terjadi
Aksi unjuk rasa karyawan Bank Danamon yang tergabung dalam Serikat Pekerja Danamon di depan Bank Danamon beberapa waktu lalu. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

Metrotvnews.com, Jakarta: Serikat Pekerja (SP) PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN) telah melakukan aksi demonstrasi di tiga titik pada Senin 15 Mei 2017. Mereka melakukan demo demi menyuarakan keinginan pegawai yang masih tercatat sebagai tenaga kontrak agar bisa menjadi karyawan tetap.

Sekitar 300 SP pun melakukan demo di tiga titik, yakni mulai dari Kedutaan Besar Singapura, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans), dan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI).

Terkait demo yang dilakukan SP Bank Danamon kemarin, Direktur Bank Danamon Indonesia Heriyanto Agung Putra menyatakan, perseroan telah menerima surat pemberitahuan aksi penyampaian aspirasi mengatasnamakan Field Collector Danamon Simpan Pinjam yang merupakan pegawai kontrak Danamon dengan dukungan penuh dari serikat peekrja Danamon ke manajemen Danamon.

Manajemen perseroan menyayangkan demo yang dilakukan yakni berupa penyampaian aspirasi yang dilakukan para SP. Mereka menyampaikannya ke Kementerian Tenaga Kerja Bagian Pengawasan ke SP Danamon mengenai hasil pemeriksaan terhadap Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) Danamon.

Baca: DPR Restui 6.970 Karyawan Kontrak Danamon Jadi Pegawai Tetap

"Karena belum sejalan dengan upaya komunikasi yang dibangun. Dengan difasilitasi oleh pihak otoritas yang berwenang guna memastikan penyelesaian hak-hak normatif yang diberikan oleh UU No.13/2003 kepada pekerja," kata Heriyanto, dalam keterangan tertulisnya kepada media, Selasa 16 Mei 2017.

Manajemen Danamon, menurut Heriyanto, berkomitmen untuk senantiasa memenuhi peraturan ketenagakerjaan yang berlaku. Maka dari itu, perseroan bakal memastikan pekerja menerima hak-hak normatif yang diberikan berdasarkan UU No. 13/2003 bagi pekerja dengan jabatan sebagaimana disebutkan dalam nota pemeriksaan.

Sebagai tindak lanjut nota pemeriksaan, lanjut dia, Danamon telah menyampaikan rencana kerja ke Kemenakertrans, dan rencana kerja tersebut telah disetujui oleh Kementerian Tenaga Kerja. Saat ini, perseroan secara berkala melaporkan tindak lanjut dari rencana kerja tersebut ke Kemenakertrans.

Meski ada demo, seluruh kegiatan operasional perbankan Danamon, termasuk cabang Menara Bank Danamon, cabang Prapatan, dan cabang lainnya tetap berjalan secara normal untuk melayani masyarakat dan nasabah dengan sebaik-baiknya. Selain melalui cabang, nasabah juga dapat melakukan transaksi perbankan melalui Danamon Online Banking, aplikasi D-mobile, SMS banking, dan jaringan ATM Danamon.


(AHL)