BPS Perkirakan Kondisi Ekonomi Konsumen Sulut Naik

   •    Kamis, 09 Nov 2017 13:02 WIB
bpsekonomi daerah
BPS Perkirakan Kondisi Ekonomi Konsumen Sulut Naik
Gedung BPS (FOTO ANTARA/Andika Wahyu)

Metrotvnews.com, Manado: Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) memperkirakan kondisi ekonomi konsumen di daerah tersebut pada triwulan IV-2017 akan mengalami peningkatan. Hal itu nantinya diharapkan memberi efek positif terhadap pergerakan ekonomi di daerah setempat.

"Nilai Indeks Tendensi Konsumen (ITK) Sulut pada triwulan IV-2017 diperkirakan sebesar 112,15," kata Kepala Bidang Neraca Wilayah dan Analisis Statistik BPS Sulut Norma Regar, di Manado, seperti dikutip dari Antara, Kamis 9 November 2017.

Dia menjelaskan dengan indeks di atas 100 tersebut berarti kondisi ekonomi konsumen diperkirakan akan meningkat dan optimisme masyarakat lebih tinggi dibanding triwulan III-2017 (ITK sebesar 106,05). "Perkiraan meningkatnya tendensi konsumen di triwulan mendatang utamanya dipicu oleh perkiraan peningkatan pendapatan mendatang," kata Norma.

Ia mengatakan, selain pada triwulan berjalan, indeks komposit persepsi rumah tangga mengenai kondisi ekonomi konsumen dan perilaku konsumsi terhadap situasi perekonomian pada triwulan mendatang juga diperkirakan meningkat.

Menurutnya hampir semua masyarakat di provinsi kawasan Sulawesi Maluku Papua (Sulampua) mengekspektasikan bahwa kondisi ekonominya di triwulan mendatang akan lebih baik dibanding triwulan III-2017, kecuali Sulawesi Tenggara.

Masyarakat di Sulawesi Tenggara mengekspektasikan kondisi ekonomi mereka menurun dibanding triwulan III-2017. Sulawesi Tenggara diperkirakan menjadi provinsi dengan ITK terendah di kawasan Sulampua, yaitu sebesar 94,33. Sebaliknya, Papua Barat diperkirakan memiliki ITK tertinggi yaitu sebesar 119,64.


(ABD)