IKM Didorong untuk Masuk Revolusi Industri 4.0

Suci Sedya Utami    •    Sabtu, 07 Jul 2018 19:16 WIB
Revolusi Industri 4.0
IKM Didorong untuk Masuk Revolusi Industri 4.0
Ilustrasi. Antara/Andreas Fitri Atmoko.

Jakarta: Kementerian Perindustrian menyatakan tidak benar jika ada anggapan making Indonesia 4.0 hanya disiapkan untuk industri besar dalam menghadapi revolusi industri jilid empat.

"Sangat keliru, tidak benar kalau industri 4.0 hanya untuk pemodal besar," kata Dirjen Ketahanan Industri dan Pengembangan Akses Industri Internasional Kementerian Perindustrian I Gusti Putu Suryawirawan dalam diskusi bertajuk bersiap di era revolusi industri 4.0 di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu, 7 Juni 2018.

Gusti mengatakan making Indonesia 4.0 juga ditujukan untuk mendorong industri kecil menengah (IKM) untuk masuk ke dalam sistem digital ekonomi. Ia bilang dorongan pada IKM menjadi salah satu langkah prioritas yang dilakukan Kementerian Perindustrian.

Dirinya mengatakan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pun telah mencanangkan program santripreneur yang mana tahun ini ditargetkan bisa diimplementasikan di 18 pondok pesantren.
 
Pondok pesantren dianggap sebagai tempat berkumpulnya generasi muda  yang menjadi bagian dari bonus demografi. Dengan adanya santripreneur diharapkan juga generasi muda sebagai lapis bawah bisa menjadi bagian dari making Indonesia 4.0.

"Kita punya satu program untuk dorong sampai pada tingkat grassroots seperti santripreneur," jelas Gusti.


(SCI)