Taspen Gandeng BRI sebagai Bank Kustodian

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 06 Jul 2018 18:56 WIB
taspenbri
Taspen Gandeng BRI sebagai Bank Kustodian
PT Taspen (Persero) bekerja sama dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk sebagai pelayanan jasa kustodian. (FOTO: Dok Taspen)

Jakarta: PT Taspen (Persero) bekerja sama dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk sebagai pelayanan jasa kustodian. Dengan adanya kerja sama ini, Taspen bisa menitipkan surat-surat berharganya kepada BRI sebagai bank kustodian.

Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Direktur Utama Taspen Iqbal Latanro dan Direktur Utama BRI Suprajarto. Kerja sama ini juga sebagai sinergi BUMN antara Taspen dengan BRI yang bersama-sama membangun negeri.

"Ini kalau kita beli surat berharga maka tata kelolanya oleh BRI, ada unit di divisi kustodiannya per 1 Agustus," kata Iqbal dalam keterangan tertulisnya di Jakarta Pusat, Jumat, 6 Juli 2018.

Dengan adanya perjanjian kerja sama ini aka mewujudkan pelayanan prima kepada peserta melalui prinsip 5T yaitu Tepat Orang, Tepat Waktu, Tepat Jumlah, Tepat Tempat dan Tepat Administrasi, pelaksanaan otentikasi berkala, layanan kunjungan nasabah dan berjalannya office channeling.

"Jadi tata kelola lebih bagus, tentu dalam administrasi, kontrol, itu kami dibantu oleh BRI dalam hal ini divisi kustodian sehingga menghindari human error, keterlambatan layanan, menghindari dokumentasi yang tidak baik," kata dia.

Melalui kerja sama ini Taspen akan memindahkan Rp41 triliun efeknya di Tabungan Hari Tua, Jaminan Kecelakaan Kerja, dan Jaminan Kematian kepada BRI. Selanjutnya hingga akhir tahun ditargetkan Rp71 triliun yang dipindah sampai jatuh tempor di Desember.

"BRI tak hanya menjadi bank kustodian bagi Taspen, tapi kami juga menawarkan berbagai inovasi teknologi yang dimiliki oleh BRI. Seperti pemanfaatan satelit BRI dan agen-agen BRILink yang tersebar di seluruh wilayah," kata Suprajarto.

Sebelumnya pada Maret, Taspen dan BRI juga telah menyepakati perjanjian kerja sama tentang pembayaran tabungan hari tua, pensiun, jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian melalui rekening bank. Pasalnya sekitar 891 ribu nasabah BRI merupakan peserta Taspen.


(AHL)