YLKI Tetap Awasi Produk Pangan saat Libur Lebaran

   •    Rabu, 20 Jun 2018 11:15 WIB
kedaulatan panganpangan
YLKI Tetap Awasi Produk Pangan saat Libur Lebaran
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)

Manado: Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) terus mengawasi sejumlah produk pangan sepanjang libur Lebaran di 2018. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya kelalaian dari pemilik toko dan dalam rangka melindungi konsumen di Tanah Air.

"Setiap hari kami terus melakukan pengawasan baik di pasar tradisional, swalayan, maupun ritel," kata Ketua YLKI Sulut Aldy Lumingkewas, seperti dikutip dari Antara, di Manado, Rabu, 20 Juni 2018.

Menurutnya terkadang di saat terlalu ramai maka petugas tidak meneliti lagi produk pangan yang dipajang apakah sudah kedaluwarsa atau tidak layak lagi dikonsumsi. Sehingga, lanjutnya, pengawasan harus tetap jalan demi melindungi konsumen.

"Pengawasan ini terus dilakukan dan bekerja sama dengan Dinas Perindustruan dan Perdagangan Sulut serta Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan. Langkah itu menjadi penting dilakukan agar jangan sampai banyak masyarakat yang dirugikan karena tidak teliti dalam membeli," tukasnya.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindag Sulut Hanny Wajong menambahkan langkah itu dilakukan dengan harapan masyarakat menjadi konsumen yang cerdas. Teliti terlebih dahulu barang yang akan dibeli kemudian membeli sesuai kebutuhan bukan keinginan.

"Jika konsumen di Sulut makin cerdas, maka meminimalisir kerugian bagi penjual maupun pembeli," pungkasnya.

 


(ABD)