E-Commerce Nikmati Berkah Lebaran

   •    Senin, 18 Jun 2018 13:20 WIB
e-commerce
<i>E-Commerce</i> Nikmati Berkah Lebaran
?E-Commerce Nikmati Berkah Lebaran. (FOTO: MI/Adam Dwi)

Jakarta: Momen Ramadan dan perayaan Idulfitri 1439 Hijriah bukan hanya menimbulkan sukacita bagi umat muslim. Sukacita serupa juga dirasakan penyedia layanan perdagangan elektronik (e-commerce) di Indonesia karena makin jadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan selama Ramadan dan hari raya.

Di platform Bukalapak, contohnya, kunjungan pengguna selama Ramadan melonjak hingga empat kali lipat ketimbang bulan lain. Corporate Communication Manager Bukalapak Evi Andarini mengatakan, hal itu setidaknya dipicu juga oleh promo flash deal dan program Buka yang Baik yang diselenggarakan Bukalapak selama Ramadan.

"Tentunya transaksi meningkat mengingat kebutuhan masyarakat saat Ramadan yang cenderung lebih banyak dari pada bulan-bulan lainnya. Berkaca pada Ramadan 2017, transaksi meningkat dua kali lipat dibanding transaksi harian rata-rata," kata Evi di Jakarta, pekan lalu.

Ia meyakini kenaikan konsumsi juga didorong adanya tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan bagi karyawan. Produk paling laris, antara lain telepon genggam, elektronik, hobi, dan fesyen.

Periode Ramadan dan Lebaran juga memberikan berkah bagi platform lain yang juga masuk kategori unicorn, yaitu Tokopedia. Lewat promo Ramadan Ekstra, platform besutan William Tanuwijaya itu sukses mencatatkan beberapa rekor pribadi selama Ramadan.

Contohnya saja, pada 25 Mei lalu yang juga menjadi puncak dari Ramadan Ekstra, transaksi di Tokopedia menyamai transaksi selama lima tahun pertama Tokopedia berdiri. Selain itu, Tokopedia kebanjiran kunjungan hingga 332 juta karena promo Ramadan Ekstra.

"Untuk produk paling laris masih terkait juga dengan kebutuhan Ramadan, yaitu gamis, baju koko, dan kurma. Sebanyak 51 ton kurma berhasil terjual di Tokopedia, sementara 168 lapangan sepak bola bisa tertutupi oleh busana muslim yang terjual di Tokopedia," kata William.

Ia menambahkan, pengguna Tokopedia juga semakin menyebar karena 93 persen pesanan yang terjadi merupakan pesanan antarkota, antarprovinsi, dan antarpulau. Transaksi lain yang naik selama Ramadan ialah pulsa dan pembayaran listrik.

Sejarah Baru

Platform asal Taiwan, Shopee, juga mengukir rekor baru dalam Ramadan kali ini. Salah satunya kenaikan kunjungan yang mencapai 500 persen dari tahun lalu dan terjadinya dua kali total pesanan hingga 1,5 juta pesanan dalam 24 jam pada 28 Mei dan 4 Juni.

Selama Ramadan lalu, Shopee yang baru berkiprah selama tiga tahun di Indonesia menggelar promo Big Ramadan Sale. Promo tersebut menawarkan sejumlah produk dengan harga menarik, juga promo Goyang Hujan Emas. Untuk produk paling laris, Country Brand Manager Shopee Indonesia Rezki Yanuar menyebutkan, pakaian muslim, produk kecantikan, dan elektronik.

"Tentunya kami berterima kasih dengan respons yang begitu baik dari seluruh pengguna untuk Big Ramadhan Sale. Inovasi Shopee melalui Goyang Hujan Emas juga menjadi tren baru selama waktu selesai sahur dan ngabuburit (pukul 05.00 dan 17.00). Shopee telah membagikan total 10 miliar koin. Setiap kali permainan rata-rata koin habis dalam waktu lima menit. Tentunya pencapaian ini tidak dapat terjadi tanpa dukungan dari pengguna kami di seluruh Indonesia," tandas Rezki. (Media Indonesia)


(AHL)


Merpati akan Beroperasi Lagi 2019

Merpati akan Beroperasi Lagi 2019

7 hours Ago

PT Merpati Nusantara Airlines (Persero) yang sejak 1 Februari 2014 berhenti beroperasi akibat k…

BERITA LAINNYA