11 Rahasia Orang Sukses di Dunia Mengelola Uang

Annisa ayu artanti    •    Senin, 11 Jun 2018 18:21 WIB
tips keuangan
11 Rahasia Orang Sukses di Dunia Mengelola Uang
Pendiri Amazon Jeff Bezos. (FOTO: AFP)

Jakarta: Kesuksesan finansial bukan datang secara kebetulan. Oleh karena itu, buat diri Anda menjadi pribadi yang tangguh untuk menggapai kesuksesan tersebut dengan mengikuti 11 saran beberapa orang paling sukses di dunia dalam mengelola keuangan, seperti dikutip dari Readers Digest, Senin, 11 Juni 2018.

1. Jadilah orang yang selalu bersemangat.

Bagi kebanyakan orang, menemukan dengan tepat apa yang mereka sukai dan memonetisasi itu adalah salah satu tantangan terbesar dalam hidup. Taipan Warren Buffet mengatakan yang mendorong kesuksesannya dalam berinvestasi adalah dengan selalu menjadi orang yang semangat. "Menjadi sukses dalam hampir semua hal berarti memiliki gairah untuk itu," katanya kepada Market Watch.

2. Tulis target yang ingin dicapai.

Pebisnis Richard Branson dalam banyak kesempatan mengatakan dia membuat daftar dari segala jenis target dalam hidupnya. "Saya selalu menjalani hidup dengan membuat daftar," tulisnya dalam sebuah postingan blog. Setelah membuat target dia menantang dirinya untuk mencapai target tersebut. Menurutnya, dengan membuat daftar adalah cara yang bagus untuk menetapkan prioritas keuangan.

3. Kesuksesan bukan keberuntungan atau bakat.

Tidak ada pencapaian nyata yang dapat terjadi tanpa kerja keras. Itu adalah pelajaran yang dipelajari Sean Combs sejak dini. Combs memberi tahu Forbes bahwa pada usia 12 tahun, dia mengetahui bahwa jika dia memberikan pelanggan yang terbaik dan layanan mereka secara berbeda, dia akan mendapatkan hasil lebih usahanya.

4. Jangan sombong.

"Sukses adalah guru yang buruk," kata pendiri Microsoft, Bill Gates. "Ini menggoda orang pintar untuk berpikir bahwa mereka tidak boleh kalah." Tetapi jangan sombong dan berhenti belajar. Keberhasilan masa lalu tidak menjamin kesuksesan di masa depan. Bahkan orang-orang yang paling cerdas dan paling berbakat pun bisa kalah.

5. Menjadi disiplin.

Ini berlaku untuk semua bidang kehidupan. Shark Tank's Mark Cuban dalam sebuah blognya mengatakan bisakah mendisiplinka  diri dalam menggunakan kartu kredit? Menurutnya jika terus menggunakan kartu kredit, tidak akan menjadi kaya.

"Langkah pertama untuk menjadi kaya membutuhkan disiplin. Jika Anda benar-benar ingin menjadi kaya, Anda perlu menemukan disiplin itu, dapatkah Anda?"

6. Kembangkan dan tentukan sendiri metode yang tepat.

Banyak orang sukses menemukan metode yang tepat untuk meraih kesuksesan. Petinggi perwira Uber, Bozoma Saint John, misalnya, dia mengatakan selalu membuat daftar hal yang ingin dilakukan dengan metodenya sendiri.

"Ini sangat pribadi bagi saya dan tidak bekerja untuk semua orang, tetapi apa yang saya temukan dalam pengalaman saya adalah bahwa ketika saya membuat daftar pro dan kontra, itu biasanya karena saya mencoba untuk berbicara sendiri dari ide yang bagus atau berbicara sendiri ke dalam benar-benar buruk, "katanya pada episode The Tim Ferriss Show.

7. Ketahuilah bahwa sukses tidak akan mudah.

CEO Amazon Jeff Bezos pernah bercerita salah satu temannya menyewa seorang pelatih handstand. "Dalam pelajaran pertama, pelatih memberinya beberapa nasihat yang luar biasa. Kebanyakan orang berpikir bahwa jika mereka bekerja keras, mereka seharusnya dapat menguasai handstand dalam waktu sekitar dua minggu. Kenyataannya adalah dibutuhkan sekitar enam bulan latihan sehari-hari," kata Bezos.

Bezos mengatakan banyak orang yang meremehkan proses. Jika Anda menginginkan sesuatu, seperti rumah, harus bersabar dan jangan berkecil hati dengan proses panjang.

8. Kegagalan satu hal wajar.

Pendiri Spanx, Sara Blakely, mengatakan bahwa merangkul kegagalan dan tetap percaya diri itulah yang membantunya menjadi miliarder wanita termuda yang dibuat sendiri di Amerika.

9. Ketika Anda masih muda, optimalkan untuk belajar, bukan menghasilkan uang.

Pikirkan jangka panjang! "Di usia 20-an, optimalkan untuk belajar, bukan menghasilkan uang," kata penulis dan pengusaha Tim Ferriss.

10. Jadilah ulet.

Optimalkan peluang Anda untuk sukses dalam semua aspek kehidupan Anda. Co-founder SoulCycle Jule Rice mengatakan, jika seseorang meminta Anda untuk minum kopi dan Anda lupa bertanya apakah mereka suka dengan susu atau gula, Anda bawa yang hitam, Anda bawa susu, Anda bawa satu dengan susu dan gula, dan Anda membawa satu dengan gula saja. Anda membawa empat kopi supaya tidak terjadi kesalahan. Itu satu hal ulet yang dilakukan.

11. Miliki rencana yang matang.

"Mengelola keuangan harus dilakukan dengan perencanaan yang matang," kata CEO LearnVest.co Alexa vob Tobel. Pelajari cara mengelola uang Anda dan rencanakan. "Tidak punya rencana keuangan adalah rencana yang benar-benar buruk!" kata Tobel.


(AHL)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

1 day Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA