Alasan Pemerintah Keluarkan Program Bantuan Sosial

Dheri Agriesta    •    Senin, 30 Jul 2018 17:24 WIB
bansos
Alasan Pemerintah Keluarkan Program Bantuan Sosial
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro. MI/Adam Dwi.

Jakarta: Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro mengungkapkan alasan pemerintah mengeluarkan program bantuan sosial seperti Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Indonesia Pintar. Program ini diharapkan bisa menjaga ketahanan sosial masyarakat berpendapatan rendah.

"Ini untuk menjaga ketahanan sosial penduduk income rendah. Ini biasa dilakukan di negara lain, contohnya India dan Amerika Serikat," kata Bambang di Gedung Kementerian Kominfo, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin, 30 Juli 2018.

Bambang mengatakan India merupakan negara dengan populasi padat, sekitar 1,3 miliar jiwa. Negara asal Mahatma Gandhi ini punya program subdisi makanan tepat sasaran yang diterima 800 juta jiwa. Program itu tak hanya diterima masyarakat miskin, tapi juga masyarakat kelas menengah. Padahal, India memiliki pendapatan per kapita jauh lebih rendah ketimbang Indonesia.

Sedangkan Amerika Serikat, juga memiliki program bantuan tambahan gizi buat masyarakatnya. Padahal, Amerika Serikat merupaan salah satu negara terkaya di dunia dengan angka kemiskinan nyaris nol persen.

"(Program) ini diurus Departemen Pertanian Amerika Serikat, menanggung sekitar 46 juta penduduk," kata Bambang.

Bambang menjelaskan, Indonesia memiliki beberapa program bantuan sosial buat masyarakat berpendapatan rendah atau miskin. Pemerintah pun berusaha membuat program itu agar diterima masyarakat yang berhak.

"Kalau kita memberikan bantuan sudah tidak zaman memberikan subsidi harga, bantuan (harus) yang tepat sasaran jumlah dan waktu. Dari simulasi yang kita lakukan, kalau semua program dibuat tepat sasaran, lebih cepat pengurangan (jumlah) penduduk miskin," jelas Bambang.

Kementerian Sosial (Kemensos) memiliki sejumlah program bantuan sosial seperti program keluarga harapan (PKH), Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, dan bantuan pangan nontunai (BPNT). Program bantuan sosial ini diharapkan dapat membantu pengentasan kemiskinan.


(SAW)