Kredit Rupiah Bakal Topang Pertumbuhan Kredit Tahun Ini

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 13 Oct 2016 16:14 WIB
kredit
Kredit Rupiah Bakal Topang Pertumbuhan Kredit Tahun Ini
Ketua DK OJK Muliaman D Hadad (ANTARA FOTO/ Puspa Perwitasari).

Metrotvnews.com, Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai pertumbuhan kredit tahun ini belum menunjukan perbaikan yang berarti. Hal ini ditunjukkan dengan masih rendahnya pertumbuhan kredit 2016 di level single digit dibandingkan dengan pertumbuhan kredit tahun lalu.

"(Pertumbuhan kredit tahun ini) Masih antara enam hingga tujuh persen sampai bulan lalu, tapi pertumbuhan kredit rupiah yang cukup menggembirakan," kata Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, Kamis (13/10/2016).

Pertumbuhan kredit rupiah tercata masih mengalami peningkatan sebesar 9,8 persen. Padahal pertumbuhan kredit secara keseluruhan baru sekira 6,7 persen atau lebih rendah dari pertumbuhan kredit sampai dengan Juli 2016 yang mencapai 7,6 persen.

Kendati begitu, Muliaman berharap jika pertumbuhan kredit rupiah menjadi indikasi mulai bergeraknya pertumbuhan ekonomi dalam negeri. Dengan begitu pertumbuhan kredit ditargetkan bisa mengalami peningkatan.

"Kami berharap ini jadi lokomotif karena ini merefleksikan ekonomi domestik dan kegiatan berbasis domestik tetap berkembang. Terbukti dari pertumbuhan kredit dalam rupiah lebih tinggi dibanding periode yang lalu," jelas dia.


 


(SAW)