REI NTT Bangun 400 Unit Rumah di 2017

   •    Senin, 20 Mar 2017 16:03 WIB
rumahperumahanrei
REI NTT Bangun 400 Unit Rumah di 2017
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Metrotvnews.com, Kupang: Real Estate Indonesia (REI) Nusa Tenggara Timur (NTT) akan membangun sebanyak 400 unit rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di provinsi kepulauan itu selama 2017. Diharapkan pembangunan bisa berjalan dengan baik tanpa ada hambatan yang berarti.

"Tahun ini kita bangun 400 unit rumah lagi dengan harapan agar bisa terjual semuanya seperti yang terjadi pada 2016," kata Ketua Badan Pertimbangan Organisasi (BPO) REI NTT Bobby Liyanto, seperti dikutip dari Antara, di Kupang, Senin 20 Maret 2017.

Ia menyampaikan hal tersebut karena berkaitan dengan perkembangan pembangunan rumah untuk MBR dalam rangka kesuksesan program pemerintah pusat yakni Program Sejuta Rumah bagi keluarga kurang mampu di seluruh Indonesia.

Bobby menjelaskan, pada 2016, ada 300 unit rumah MBR yang dibangun. Namun dalam perjalanan penjualannya mencapai target bahkan ada 200 kepala keluarga tambahan yang memesan. Karena itu, sampai pada 2017, pihaknya masih mengejar pembangunan rumah yang tersisa sebanyak 200 unit rumah lagi.

"Antusias masyarakat di NTT dalam hal pembelian rumah sendiri sangat tinggi sehingga kami akan berusaha membangun lebih banyak lagi," ujarnya.

Ia berharap masyarakat NTT tidak segan-segan membeli rumah MBR. Selain uang mukanya hanya Rp1,5 juta dan cicilan hanya Rp900 ribuan, juga sangat membantu warga berpenghasilan rendah. Sementara itu terkait adanya kendala dalam pembangunan MBR untuk mewujudkan Program Sejuta Rumah, ia mengatakan, terkadang masih terkendala pada pembebasan lahan.

Oleh karena itu, ia mengharapkan bantuan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota di NTT terkait masalah pembebasan lahan dan masalah perizinan. "Kami selalu merasa bahwa hal ini penting karena jika tidak maka program Presiden Joko Widodo ini sulit direalisasikan di NTT," pungkas Bobby.

 


(ABD)