Presiden Jokowi Segera Resmikan Lima Bandara Baru

Ilham wibowo    •    Kamis, 20 Dec 2018 20:39 WIB
jokowiinfrastrukturbandarakemenhub
Presiden Jokowi Segera Resmikan Lima Bandara Baru
Presiden Joko Widodo. MI/Ramdani.

Jakarta: Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan menyatakan akan ada lima Bandar Udara yang telah rampung. Peresmian ini bakal segera dilakukan oleh Presiden Joko Widodo di 2019.

Kelima Bandara tersebut meliputi Bandara Siau di Sulawesi Utara, kemudian Bandara Tambelang di Kepulauan Riau, Bandara Muara Teweh di Kalimantan Tengah, Buntu Kunik Sulawesi Selatan dan Bandara Pantar di Nusa Tenggara Timur (NTT). Kehadiran bandara tersebut menambah daftar bandara baru menjadi 15 bandara sejak diproyeksikan pada 2015.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B Pramesti mengatakan kehadiran 15 bandara baru ini sejalan dengan roadmap rencana pembangunan selama lima tahun. Progres pembangunan pun terus dipantau akan bisa maksimal digunakan masyarakat.  

"Bandara yang sudah diselesaikan di 2019 totalnya ada 15 Bandara," ujar Polana dalam sebuah pemaparan di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis, 20 Desember 2018.

Polana optimistis kehadiran bandara baru sebagai jembatan udara ini bakal menambah aktifitas perekonomian nasional. Pertumbuhan jumlah penumpang dan kargo dipastikan bakal meningkat dan merata.  

"Sampai 2018 pembangunan, pengembangan dan pemeliharaan juga dilakukan dalam rangka pelayanan, safety serta kapasitas," tuturnya.  

Hingga akhir 2018 target 142 juta penumpang bisa terealisasi. Jumlah tersebut meningkat 10,8 persen dari total penumpang di tahun sebelumnya baik domestik maupun internasional.

"Pertumbuhan penumpang pada 2019 ditargetkan sebesar 162 juta dengan pertumbuhan 13,83 persen," ucap Polana.


 


(SAW)