Memanfaatkan Teknologi untuk Tingkatkan Produktivitas Pertanian

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 02 Nov 2018 13:11 WIB
teknologi pertanianHKTI
Memanfaatkan Teknologi untuk Tingkatkan Produktivitas Pertanian
Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Moeldoko (keempat dari kiri). (FOTO: dok HKTI)

Jakarta: Pemanfaatan teknologi dalam dunia pertanian bukan hal baru. Dengan berkembangnya teknologi, juga mampu mendorong produktivitas, seperti panen jagung berlipat ganda yang dilakukan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi dari biasanya sekitar dua ton menjadi rata-rata enam ton per hektare (ha).

Peningkatan produktivitas jagung di lahan rawa pasang surut tersebut tercapai melalui penggunaan teknologi Budi Daya Jenuh Air (BJA). Melalui teknologi ini lahan pasang surut dapat dimanfaatkan menjadi lahan yang lebih produktif, bahkan tinggi pohon jagung ada yang mencapai hampir tiga meter.

"Inovasi teknologi yang dapat diterapkan untuk mengatasi kendala di lahan pasang surut adalah dengan penerapan teknologi Budidaya Jenuh Air (BJA) yang ditemukan oleh Profesor Munif Ghulamahdi," kata salah satu tim ahli IPB Toyip Hadinata, dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, 2 November 2018.

Adapun panen di Jambi dilaksanakan oleh Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Moeldoko, bersama dengan Asisten II Pemprov Jambi Agus Sunaryo, Bupati Tanjabtim Romi Haryanto, Komisaris PT FKS Multi Agro Fazwar Bujang, serta tim ahli IPB.

Dalam panen kali ini dilakukan juga penandatangan nota kesepahaman (MoU) tentang pemanfaatan Teknologi Budidaya Jenuh Air Lahan Pasang Surut untuk mendukung pertanian padi, jagung, dan kedelai nasional, yang melibatkan tiga pihak, yakni HKTI, tim ahli IPB, dan PT FKS Multi Agro Tbk.

"HKTI akan berperan sebagai bridging institution dalam sistem inovasi pertanian. Dimulai dengan membangun kemitraan riset dengan universitas, perusahaan, pemerintah, dan komunitas (civil society),” kata Moeldoko.

Potensi lahan pasang surut di Indonesia seluas 21 juta ha, yang dapat dikembangkan untuk menjadi lahan pertanian mencapai sembilan juta ha. Akan tetapi lahan tersebut menghadapi kendala yaitu fisikokimia, infrastruktur, sumber daya manusia, dan pasar sehingga produktivitasnya masih sangat rendah.

 


(AHL)


Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

1 day Ago

Merpati Nusantara Airlines berjanji akan melunasi utang dan pesangon mantan karyawannya. Janji …

BERITA LAINNYA