Minta Rp7 Miliar untuk Kaji Pemindahan Ibu Kota, Bappenas Menyurati Menkeu

Suci Sedya Utami    •    Jumat, 14 Jul 2017 07:30 WIB
pemindahan ibukota
Minta Rp7 Miliar untuk Kaji Pemindahan Ibu Kota, Bappenas Menyurati Menkeu
Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro. (FOTO: ANTARA/SIGID KURNIAWAN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan telah mengirimkan surat pada Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati terkait usulan anggaran untuk kajian pemindahan Ibu Kota.

"Kita sudah kirim surat, (direspons atau belum) nanti saja kita lihat. Pokoknya kajian tetap jalan, akan lebih baik kalau ada tambahan anggaran," kata Bambang ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis 13 Juli 2017.

Anggaran tersebut masuk dalam usulan tambahan pagu belanja Bappenas dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2017 sebesar Rp26 miliar.

Lagipula, dia mengatakan anggaran tersebut bukanlah angka baru. Dia bilang besaran alokasi yang diusulkan adalah dari pagu anggaran Bappenas. Menurut Bambang, alokasi lain juga datang dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta Kementerian Agraria dan Tata. Namun dirinya tak menyebutkan detail angkanya.

"Kajian utama kami Rp7 miliar untuk memastikan kajiannya komperhensif sehingga bisa mendukung pembiayaan yang matang," ujar mantan Menteri Keuangan ini.

Lebih lanjut Bambang mengatakan kajian yang dilakukan melihat dari berbagai aspek sosial politik, infrastruktur dan perekonomian seperti yang ditekankan Presiden Joko Widodo.

 


(AHL)